Polda Jatim Kerahkan 8.559 Personel Amankan Libur Nataru

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Polda Jatim Kerahkan 8.559 Personel Amankan Libur Nataru


JawaPos.com – Polda Jawa Timur mulai mengantisipasi datangnya libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 atau dikenal libur Nataru. Untuk mengamankan libur tersebut, Polda Jawa Timur menggelar Operasi Lilin Semeru 2020.

Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo mengatakan, momen liburan ini harus disikapi serius oleh aparar keamanan demi menciptakan Kamtibmas yang kondusif. Sehingga masyarakat bisa merayakan Natal dan tahun baru dengan lancar, aman dan damai.

“Kita akan dihadapkan dengan dua kegiatan masyarakat, yakni Libur Natal dan Malam Tahun Baru 2021. Sehingga dua kegiatan ini menjadi fokus kita semua untuk menciptakan Kantibmas aman dan kondusif,” kata Slamet, Rabu (16/12).

Slamet menuturkan, masih berlangsungnya pandemi Covid-19 juga harus menjadi catatan tersendiri. Upaya pencegahan penularan virus harus dilakukan. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau tidak bepergian selama libur akhir tahun.

“Dengan kondisi saat ini masih Pandemi Covid-19, pemerintah mengurangi libur cuti natal dan tahun baru. Dan menghimbau kepada masyarakat untuk merayakan pergantian tahun di rumah saja,” tambahnya.

Selain itu, pada periode cuti natal dan tahun baru potensi kerawanan aktivitas kelompok teroris juga harus diawasi. Kerawanan lain yakni potensi bencana alam. Sebab di awal tahun 2021 sudah memasuki musim penghujan.

“Kita semua stake holder baik Pemda, TNI dan juga Polri, harus mewaspadai pergerakan Radikalisme saat natal dan tahun baru nanti. Sehingga, masyarakat yang merayakan natal dan pergantian tahun bisa merasa aman dan nyaman,” jelas Slamet.

Untuk mengantisipasi itu semua, Polda Jawa Timur bersama Polres Jajaran dan TNI akan melaksanakan Operasi Lilin Semeru 2020 selama 12 hari. Mulai 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021.

Adapun personil yang akan diterjunkan berjumlah 8.559 personil. Dengan rincian, 7.859 polres jajaran serta didukung juga dari TNI 1.420 personil, dan dari Pemda 2.003 personil. Petugas juga akan dibantu oleh dinas terkait mulai seperti Satpol PP, Linmas, BPBD, dan Pramuka.

Saksikan video menarik berikut ini:


Polda Jatim Kerahkan 8.559 Personel Amankan Libur Nataru