SAR Gabungan Evakuasi Warga Makassar yang Terjebak Banjir

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

SAR Gabungan Evakuasi Warga Makassar yang Terjebak Banjir


JawaPos.com–Personel gabungan TNI-Polri bersama regu pencarian dan pertolongan (SAR) Makassar bergerak cepat mengevakuasi warga korban banjir dengan menggunakan perahu karet.

Kabidhumas Polda Sulsel Kombespol Ibrahim Tompo seperti dilansir dari Antara di Makassar mengatakan, evakuasi warga terdampak banjir dilakukan setelah debit air di Sungai Biring Jene, Kabupaten Maros, mengalami peningkatan debit air.

”Adanya peningkatan debit air ditambah curah hujan yang sangat deras selama beberapa hari membuat permukiman warga direndam banjir,” ujar Ibrahim Tompo.

Evakuasi warga korban banjir dilakukan di tiga titik berbeda. Yakni, Jalan Poros Katimbang Raya, depan Perumahan Kodam III menuju pasar BTP dengan ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa. Kemudian di Perumahan BTP Blok AC dan AD Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar dengan ketinggian air mencapai paha orang dewasa. Serta di Perumahan BTP Blok AF dan AE yang ketinggian airnya juga mencapai paha orang dewasa.

Kombespol Ibrahim Tompo menerangkan, evakuasi yang dilakukan personel gabungan itu menggunakan perahu karet milik Dinas Sosial Makassar.

”Berdasar laporan yang kami terima jika tiga titik lokasi banjir ini merupakan langganan banjir tahunan. Jadi tidak heran jika terjadi banjir, tetapi sebelum itu tiba memang harus diantisipasi,” terang Ibrahim Tompo.

Akibat banjir yang melanda, akses jalan yang menghubungkan Kampung Biring Jene, Kabupaten Maros dan Perumahan Kodam III tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kombespol Ibrahim Tompo juga menyampaikan imbauan agar seluruh masyarakat dapat semakin meningkatkan kewaspadaan dan hati-hati saat melakukan aktivitas terutama saat cuaca kurang bersahabat.

”Namanya bencana alam, tidak bisa diprediksi namun bisa diusahakan untuk menghindari seperti dengan tidak berkendara saat cuaca hujan yang disertai angin kencang atau bahkan banjir demi keselamatan bersama,” ucap Ibrahim Tompo.

Saksikan video menarik berikut ini:


SAR Gabungan Evakuasi Warga Makassar yang Terjebak Banjir