BPS Surakarta Sebut Daya Beli Masyarakat Membaik

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

BPS Surakarta Sebut Daya Beli Masyarakat Membaik


JawaPos.com–Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surakarta menyatakan, daya beli masyarakat membaik seiring dengan tanda-tanda pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Kondisi tersebut dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

”Akhir-akhir ini transaksi di pasar mulai ramai. Ini juga dampak dari pemberian THR (tunjangan hari raya) beberapa waktu lalu,” kata Kepala BPS Kota Surakarta Totok Tavirijanto seperti dilansir dari Antara di Solo.

Dia berharap tidak ada lonjakan jumlah kasus Covid-19 di Kota Solo. Sebab, jika itu terjadi akan berdampak negatif bagi perekonomian di daerah.

Mengenai inflasi, menurut dia, selama harga komoditas pokok cenderung stabil pasca Lebaran, tidak akan berdampak signifikan terhadap tekanan inflasi.

Sebelumnya, BPS sudah melakukan pantauan harga sejumlah komoditas pokok tepatnya sebelum Lebaran. Biasanya terjadi kenaikan harga akibat meningkatnya konsumsi masyarakat. Dari hasil tersebut, kenaikan harga tidak terjadi secara signifikan seperti halnya periode yang sama sebelum terjadi pandemi Covid-19.

Bahkan, lanjut dia, saat ini harga sejumlah komoditas pokok juga mulai turun. Kondisi tersebut terlihat dari tekanan inflasi Kota Solo yang sudah tidak lagi tertinggi jika dibandingkan dengan kota lain di Jawa Tengah untuk survei biaya hidup (SBH) yang dihitung BPS.

”Kita tahu di awal tahun inflasi kita tertinggi yaitu 0,68 persen, Februari dan Maret juga tertinggi (se-Jawa Tengah),” kata Totok Tavirijanto.

Berdasarkan data dari BPS Kota Surakarta, untuk inflasi Februari 0,26 persen. Selanjutnya, pada Maret 2021 inflasi Kota Solo di angka 0,16 persen.

”Sedangkan pada April, Kota Solo menempati terendah kedua setelah Kudus, dengan angka inflasi 0,02 persen. Artinya harga-harga di Kota Solo mulai turun,” tutur Totok Tavirijanto.

Dengan kenaikan harga komoditas jelang Lebaran yang tidak terlalu signifikan diharapkan akan berdampak terkendalinya inflasi pada Mei.


BPS Surakarta Sebut Daya Beli Masyarakat Membaik