Capaian Vaksinasi untuk Lansia di Solo Belum Sesuai Target

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Capaian Vaksinasi untuk Lansia di Solo Belum Sesuai Target


JawaPos.com–Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta, Jawa Tengah, menyatakan, capaian vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia belum sesuai target. Ada sejumlah kendala, di antaranya sebagian warga takut menerima vaksin dan beralasan rumahnya jauh dari fasilitas kesehatan.

”Sebetulnya secara total capaian vaksin, kami sampai saat ini sudah mencapai 116 persen, tetapi dari total ini untuk lansia masih 79 persen. Saat ini PR besar saya lansia,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih seperti dilansir dari Antara di Solo.

Dia mengatakan, untuk kelompok lansia total sasaran di Kota Solo ada 75.000 orang. Saat ini, baru 39.000 orang yang sudah divaksin. Padahal targetnya sebanyak 49.000 lansia yang divaksin.

Menurut dia, angka itu masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan realisasi vaksin untuk petugas pelayanan publik yang sudah jauh melebihi target, yaitu 172 persen. Dari target 32.566 petugas pelayanan publik yang divaksin, realisasinya sudah mencapai 55.993 orang.

”Melihat angka ini artinya saya mohon kerja sama dari semuanya, masyarakat yang punya orang tua atau si mbah (kakek nenek) agar diantar ke puskesmas. Tadi saya sudah sampaikan ke Pak Wali (Wali Kota Surakarta) kalau saya akan mendekat,” terang Siti Wahyuningsih.

Dia menjelaskan, DKK Surakarta akan membuka layanan vaksin di kantor kelurahan untuk memudahkan lansia memperoleh imunisasi tersebut. ”Minimal 20 akan saya layani, kalau cuma tiga kan saya boros vaksin. Ini saya minta lurah untuk mendata, setelah datanya ada saya akan buka di kelurahan. Yang pasti kami sudah melakukan segala cara bagaimana menggerakkan masyarakat, bukan hanya tugas kesehatan (DKK), mohon dorongan dari semuanya,” ucap Siti Wahyuningsih.

Sementara itu, menurut dia, kelompok lansia merupakan bagian dari penerima vaksin tahap kedua. Sesuai dengan aturan, pihaknya harus menyelesaikan target tahap dua terlebih dahulu sebelum beranjak ke tahap ketiga.

Siti Wahyuningsih menambahkan, tahap ketiga terdiri atas kelompok rentan, seperti rentan sosial ekonomi. Tahap tersebut targetnya dimulai pada Juli.

”Selanjutnya jika sudah selesai baru tahap empat. Untuk tahap empat ini pelaku ekonomi. Sebetulnya pelaku ekonomi ini juga ingin segera dapat, tetapi kan harus sesuai urutan,” tutur Siti Wahyuningsih.


Capaian Vaksinasi untuk Lansia di Solo Belum Sesuai Target