Intip FX3, Kamera Sony Terbaru Buat Para Pembuat Konten

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Intip FX3, Kamera Sony Terbaru Buat Para Pembuat Konten


JawaPos.com – Raksasa teknologi dan produk pencitraan asal Jepang, Sony baru saja memperbarui lini kamera sinemanya buat para pembuat konten di tanah air. Sony resmi meluncurkan model kamera sinema baru yakni FX3 dengan nomor model ILME-FX3.

Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia mengklaim, kamera sinema Sony FX3 baru merupakan lini anyar paling ringkas dari rangkaian Cinema Line yang dimiliki Sony. Dia menyebut, kamera memiliki sederet fitur dan teknologi luar biasa dengan sistem pengoperasian terbaru.

“Kamera FX3 memberikan pengalaman sinematik menakjubkan dan sangat cocok digunakan oleh para videografer muda yang menekuni genre dokumenter, musik dan komersial. Industri perfilman kini semakin berkembang, begitu juga dengan kebutuhan para kreator untuk menghasilkan karya,” ujarnya melalui sebuah acara daring belum lama ini.

Kamera sinema terbaru Sony FX3 akan segera tersedia di Indonesia pada bulan Juni 2021 mendatang. Sesuai nama dan segmennya, jangan berharap kamera ini akan dibanderol dengan harga terjangkau. Adapun harga dari kamera ini adalah Rp 59.999.000.

Menyoal fitur dan spesifikasi Sony FX3, kamera sinema ini hadir dengan sensor gambar CMOS Exmor R back-illuminated full-frame dengan 10.2 megapiksel. Untuk pengolahan gambarnya, mesin pengolahan gambar BIONZ XR dipercaya menukangi kamera ini.

Sebagai kamera sinema, FX3 juga hadir dengan sensitivitas sangat tinggi dengan ISO yang dapat ditingkatkan hingga 409.600 untuk kondisi pencahayaan yang sangat sulit dan 15+ stop dynamic range profil tampilan S-Cinetone. Fitur ini dikatakan terinspirasi dari colour science kamera sinema digital VENICE yang juga digunakan pada kamera Cinema Line FX9 dan FX6.

Kamera ini mampu merekam hingga 4K 120p. Desain bodi yang ringkas dan ringan dengan pengoperasian tinggi untuk pengambilan gambar dengan handheld, gimbal dan pemasangan pada drone Bodi yang dilengkapi multi-thread (1/4-20 UNC) memudahkan untuk pemasangan aksesori.

Unit pegangan XLR yang dapat dilepas dan dilengkapi dengan dua input audio XLR/TRS “Mode Aktif” stabilisasi gambar mendukung perekaman film secara handheld. Ada juga Fast Hybrid Auto Focus, Touch Tracking (pelacakan real-time) dan Real-time Eye AF juga digunakan di kamera Alpha lainnya.

Untuk perekaman 4K 60p tanpa gangguan (Lanjutan) juga dimungkinkan. Hal ini karena FX3 telah didukung pembuangan panas yang efektif dan kipas pendingin internal.

Sebagai tambahan terbaru dari Cinema Line Sony, FX3 menghadirkan tampilan sinematik dan pengoperasian serta keandalan profesional dalam satu perangkat yang menjawab kebutuhan para kreator muda yang mencari cara baru untuk mengekspresikan visi kreatif mereka. Model terbaru ini memberikan kualitas gambar dan kegunaan menakjubkan untuk pengambilan gambar berskala kecil dan sendiri.

Kamera FX3 juga disebut menawarkan performa fokus kelas atas, stabilisasi gambar optik, didesain untuk perekaman secara handheld dan pembuangan panas yang terdepan untuk waktu perekaman yang lebih lama. Semua ini dibalut dalam bodi yang ringkas dan ringan, memberikan performa serta mobilitas untuk memenuhi permintaan para kreator konten yang saat ini terus meningkat.

FX3 kompatibel dengan beberapa fungsi perekaman, termasuk S-Log3 gamma dengan S-Gamut3.Cine colour space untuk mempertahankan warna dan gradasi kaya yang dapat merekam dalam dynamic range tinggi dan gamut warna lebar. Kamera ini juga mendukung perekaman internal dalam format XAVC S dan XAVC S-I dalam 4K (QFHD) serta FHD dan format XAVC HS (MPEG-H HEVC/H.265, hanya 4K) dan 5 Axis gimbal yang sudah tertanam.

Output video 4K 60p dalam format 10-bit 4:2:2 atau 16-bit RAW dapat dikeluarkan ke perangkat eksternal melalui jack HDMI Type-A pada FX3. Kamera FX3 juga menawarkan slot media yang cepat dan berorientasi masa depan dengan dua kartu CFexpress Type A, sehingga memberi kebebasan pengambilan gambar yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Data yang sama dapat direkam secara bersamaan pada kedua kartu untuk cadangan dan mode “relay” dapat secara otomatis mengalihkan perekaman ke kartu media kedua pada saat kartu media pertama penuh.

Kamera terbaru ini telah dikembangkan dengan fitur konektivitas canggih untuk lebih membantu para kreator profesional dengan fungsionalitas LAN nirkabel berkecepatan tinggi (band 2.4 GHz atau 5 GHz) dan koneksi kabel LAN melalui adaptor USB-ke-Ethernet yang kompatibel.

FX3 ini juga mendukung pengambilan gambar jarak jauh dari PC dengan aplikasi Imaging Edge Desktop “Remote” melalui Wi-Fi, atau koneksi Superspeed USB 5 Gbps melalui terminal USB Type-C dan operasional mudah dengan monitor LCD panel sentuh vari-angle.

Saksikan video menarik berikut ini:


Intip FX3, Kamera Sony Terbaru Buat Para Pembuat Konten