Pelaku Usaha Optimistis Ekonomi Tetap Tumbuh

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pelaku Usaha Optimistis Ekonomi Tetap Tumbuh


JawaPos.com – Sektor transportasi logistik yang diprediksi akan semakin cerah seiring gencarnya pembangunan infrastruktur di Indonesia. Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Danang Parikesit menyebutkan pada akhir 2020, total panjang jalan tol di Indonesia telah mencapai 2.346 km. Targetnya, pada 2024 total panjang jalan tol di Indonesia bisa dua kali lipatnya atau mencapai 4.761 km.

Disisi lain bisnis jasa pengiriman barang tahun lalu juga mampu tumbuh sebesar 30 persen sebagaimana disampaikan ketua umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra Rianto. Ia memprediksi pada 2021 jasa kurir akan kembali tumbuh di kisaran 30 persen. Data Kementerian Keuangan juga menunjukkan transaksi pembelian lewat e-commerce meningkat 18,1 persen menjadi 98,3 juta transaksi dengan nilai Rp 20,7 triliun atau naik 9,9 persen pada tahun lalu.

Kendati masih didera pandemi Covid-19, pemerintah optimistis ekonomi Indonesia pada kuatal II 2021 akan tumbuh 6,9-7,8 persen sehingga, diperkirakan pada 2021 ini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada di level 4,5-5,3 persen.

Hal itulah yang mendasari PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) membidik sektor penyewaan kendaraan sebagai bisnis utamanya. Perusahaan yang berdiri pada 2003 ini memilih bisnis penyewaan mobil karena melihat tren perekonomian Indonesia yang terus bertumbuh.

“Komitmen pemerintah membangun sektor infrastruktur akan berdampak secara langsung terhadap pertumbuhan pasar penyewaan kendaraan dan bisnis logistik. Apalagi, dengan kondisi ekonomi saat ini membuat pelaku usaha semakin efisien dan hanya fokus pada core business,” ujar Presiden Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk Prodjo Sunarjanto di Jakarta, Rabu (5/5).

Direktur PT Adi Sarana Armada Tbk Jany Chandra menambahkan, selain menyewakan mobil penumpang, ASSA juga menyewakan mobil komersial. Alasannya, dalam lima tahun terakhir, industri jasa pengiriman barang meningkat pesat sejalan dengan pertumbuhan e-commerce di Tanah Air. ”Kebutuhan armada transportasi logistik juga meningkat,” sebutnya.

Saat ini ASSA memiliki armada sebanyak 26.000 unit. Dari jumlah tersebut, kendaraan komersial sebanyak 22,63 persen dan 77,37 persen atau sebagian besar masih didominasi oleh kendaraan penumpang. Dari total armada ASSA tersebut, sekitar 300 unit berasal dari Isuzu, didominasi oleh truk dan unit komersial seperti Isuzu Elf, MU-X, Panther, Pickup Turbo, dan Isuzu Traga.

Jany menuturkan, sejauh ini Isuzu sangat mendukung operasional mereka karena memiliki jaringan bengkel yang luas dan juga layanan kunjungan servis, termasuk layanan Bengkel Isuzu Berjalan (BIB).”Layanan BIB sangat membantu efisiensi bisnis karena bisa melakukan perbaikan setiap saat jika dibutuhkan, bahkan saat perjalanan tengah malam,” ungkapnya.

Chief Operation Officer (COO) PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO/Astra Isuzu) Yohanes Pratama juga menilai ekonomi Indonesia akan kembali membaik setelah terdampak Covid-19. Karena itu, saat ini pihaknya terus berusaha memberikan total solution kepada para customer Astra Isuzu.

”Tujuannya agar customer nyaman dan bisnis mereka terus bertumbuh. Astra Isuzu tak hanya menjual kendaraan komersial saja, tetapi juga memberikan solusi yang komprehensif bagi perkembangan bisnis customer,” tegasnya.

Langkah ini harus dilakukan karena sekitar 90 persen kendaraan yang ditangani Astra Isuzu adalah kendaraan komersial yang identik dengan barang modal. Karena itu, mobil tersebut harus selalu dalam kondisi baik dan siap digunakan setiap saat. Mengingat, sebagian besar kendaraan komersial ini beroperasi 24 jam sehari.

Astra Isuzu selalu mendepankan efisiensi customer dengan melakukan jemput bola mendatangi customer guna melakukan perawatan kendaraan mereka di sela-sela waktu longgar, seperti saat menaikan atau menurunkan muatan. Dengan demikian, waktu operasional mobil tidak terganggu, tetapi tetap terawat dan siap digunakan.

Baca Juga: Kehilangan Bau saat Idap Covid, Hiruplah 4 Aroma Ini 2 Kali Sehari

Saat ini Astra Isuzu memiliki 72 unit BIB mobil dan 5 unit BIB motor. Sedangkan, bengkel resmi Astra Isuzu sebanyak 51 outlet di seluruh Indonesia dengan 358 mekanik tersertifikasi Isuzu Indonesia. Sedangkan untuk pembelian sparepart, customer dapat mengakses melalui e-commerce blibli.com dengan toko resmi Astra Isuzu.

Saksikan video menarik berikut ini:


Pelaku Usaha Optimistis Ekonomi Tetap Tumbuh