Pemerintah Bakal Berikan Insentif Khusus bagi Tracer Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemerintah Bakal Berikan Insentif Khusus bagi Tracer Covid-19


JawaPos.com – Sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 H, insentif tenaga kesehatan (nakes) diharapkan bisa cair sebesar Rp 950 miliar dari tunggakan Rp 1,4 triliun. Namun, selain nakes, para tracer yang bekerja membantu penanganan Covid-19 di lapangan juga akan diberikan insentif.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menuturkan, insentif ini juga perlu dilakukan bagi para tracer.

“Bagaimana pun saya kira mereka yang paling punya peran terutama dalam mendukung kebijakan PPKM mikro hingga ke level yang paling rendah,” jelas Muhadjir dalam keterangannya, Rabu (13/5).

Kemudian, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 pun akan menggelontorkan dana talangan pihak ketiga untuk penyaluran insentif kepada para tracer, khususnya yang di luar nakes.

Dia berharap pemanfaatan tenaga tracer ke depan dapat lebih dioptimalkan, mengingat potensi lonjakan kenaikan kasus yang ditaksir bakal terjadi usai libur Lebaran dan Kenaikan Isa Almasih. Sebab, adanya masyarakat yang masih nekat melakukan mudik.

“Saran kami kepada Pak Menkes dan jajaran Kominfo, untuk nakes-nakes yang sudah dilakukan pembayaran agar ada pemberitahuan terus-menerus. Ini penting supaya tidak ada kekhawatiran dari nakes maupun tracer karena nanti mereka yang akan harus bekerja keras lagi terutama bila ada terjadi lonjakan kasus,” tegas Doni.

Sementara itu, untuk insentif nakes sendiri, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan Kemenkeu untuk mengirimkan insentif tersebut.

“Kita sekarang sedang berkoordinasi dengan Kemenkeu supaya kalau bisa dibuka lagi blokirnya hari ini (Selasa, 11/5). Jadi Insya Allah sebelum Lebaran dari Rp 1,4 triliun itu kita sudah bisa bayar sekitar Rp 950 miliar,” tandasnya.


Pemerintah Bakal Berikan Insentif Khusus bagi Tracer Covid-19