Vaksin Tiongkok Bisa Lindungi Rakyat India dari Mutasi Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Vaksin Tiongkok Bisa Lindungi Rakyat India dari Mutasi Covid-19


JawaPos.com – Vaksin Covid-19 dari Tiongkok diklaim manjur melawan mutasi Covid-19 di India. Hal itu diungkapkan ahli dari Tiongkok, namun tak menyebutkan jenis vaksin apa yang disebut manjur.

“Berdasarkan studi pendahuluan, vaksin yang digunakan di Tiongkok dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi virus Korona sampai batas tertentu,” kata seorang ahli di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Tiongkok, Shao Yiming, di Beijing, seperti dilansir dari Hindustan Times, Jumat (21/5).

Shao tidak membagikan rincian spesifik tentang vaksin mana yang efektif. Pakar itu mengatakan pekan lalu bahwa setidaknya 18 kasus varian Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di India telah terdeteksi di Tiongkok. Tiongkok telah mencermati varian virus Korona yang terdeteksi di India, dan sedang melakukan penelitian serta mengumpulkan data.

“Virus akan terus bermutasi, oleh karena itu lebih banyak perubahan akan muncul,” kata Shao, seperti dikutip kantor berita resmi Xinhua.

Dia mengatakan bahwa Tiongkok mampu menggunakan vaksin baru yang efektif jika varian baru membuat vaksin saat ini tidak efektif. Shao menambahkan bahwa jika varian mutasi yang muncul melampaui kemanjuran perlindungan vaksin yang ada, Tiongkok memiliki kemampuan untuk membuat vaksin terbaru dengan cepat.

“Karena proses produksinya sudah cukup matang dan tidak membutuhkan banyak perubahan untuk menghasilkan vaksin baru melawan mutasi,” katanya.

Hanya saja, India hingga pekan lalu belum mendekati perusahaan Tiongkok untuk mengimpor vaksin guna mengatasi lonjakan kasus Covid-19 saat ini seperti laporan Kementerian Luar Negeri Tiongkok. Tiongkok memiliki lima vaksin yang digunakan dalam kampanye imunisasi masal. Tiga vaksin berupa virus yang tidak aktif dari Sinovac dan Sinopharm, satu vaksin sekali pakai dari CanSino, dan yang terakhir dari CDC dalam kemitraan dengan Anhui Zhifei Longcom.

Lebih dari 449,5 juta dosis vaksin Covid-19 telah diberikan di Tiongkok seperti laporan Komisi Kesehatan Nasional. Awal bulan ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi lampu hijau pada vaksin Sinopharm Covid-19 Tiongkok untuk penggunaan darurat, menyetujui vaksin tersebut untuk diluncurkan secara global.

Sinopharm adalah vaksin pertama yang dikembangkan oleh negara non-Barat yang mendapatkan dukungan dari badan kesehatan PBB. Dan, Tiongkok telah menggunakannya untuk memvaksinasi jutaan orang. Tiongkok juga berjanji untuk memasok 10 juta vaksin ke Covax, kampanye distribusi vaksin global yang didukung oleh WHO.

India mencatat 276.110 kasus Covid-19 baru dalam 24 jam terakhir menurut data Kementerian Kesehatan India pada Kamis (20/5). Penghitungan total sekarang mencapai 25.772.440. Negara itu juga mencatat 3.874 kematian dalam sehari dan total jumlah kematian menjadi 287.122 jiwa.


Vaksin Tiongkok Bisa Lindungi Rakyat India dari Mutasi Covid-19