Zaskia Mecca Memandang Imunisasi dan Vaksin Sebagai Investasi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Zaskia Mecca Memandang Imunisasi dan Vaksin Sebagai Investasi


JawaPos.com – Pandemi Covid-19 mengedukasi masyarakat untuk bersedia diimunisasi atau divaksinasi agar melindungi diri sendiri dan orang lain. Sayangnya sampai saat ini, sebagian masyarakat masih menunda-nunda untuk mau divaksinasi.

Dalam rangka merayakan Pekan Imunisasi Dunia 2021 yang jatuh pada tanggal 23-29 April, Yayasan Bersatu Sehatkan Indonesia (BSI) bersama ahli dan selebriti Zaskia Adya Mecca bicara lewat webinar ‘Imunisasi Menyatukan Kita’. Ketua Yayasan BSI, dr. Meta Melvina, mengatakan sejak kecil seseorang sudah diajarkan mindset pencegahan. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

“Namun pada kenyataannya banyak dari kita yang sampai saat ini masih menunda-nunda pencegahan, salah satunya menunda-nunda vaksinasi,” katanya dalam webinar baru-baru ini.

Baca Juga: Tiru Cara Unik Zaskia Adya Mecca Saat Pilih dan Kirim Hampers Lebaran

Menurutnya, kondisi pandemi memperparah pemahaman yang salah ini. Pandemi menjadi alasan bagi banyak orang untuk menunda imunisasi dan vaksinasi.

“Uni memprihatinkan karena imunisasi dan vaksinasi dibutuhkan untuk melindungi kalangan masyarakat hight risk seperti misalnya anak kecil dan lansia,” kata dr. Meta.

Tidak hanya itu, kata dia, herd immunity yang didapat melalui cakupan imunisasi dan vaksinasi yang tinggi, mampu menjaga orang-orang yang tidak dapat divaksin seperti misalnya mereka yang menyandang kondisi immunocompromised, yakni mereka dengan sistem imunitas lemah dan tidak berfungsi dengan semestinya. Padahal dengan mudahnya fasilitas dan terjangkaunya harga vaksin saat ini, seharusnya pandemi tidak menjadi alasan disuntik imunisasi atau vaksin kan sebentar juga selesai, tidak perlu lama-lama.

“Di faskes, imunitas bisa kita dapat dengan cepat,” tambahnya.

Zaskia Mecca, selebriti yang juga merupakan ibu dari 6 orang anak tersebut mengatakan bahwa vaksinasi adalah sebuah bentuk ikhtiar sebagai orang tua dalam menjaga kesehatan keluarga. Vaksinasi adalah investasi untuk anak untuk jangka panjang.

“Investasi itu tidak selalu berbentuk uang. Bisa juga berbentuk ilmu dan juga kesehatan. Dan vaksinasi adalah investasi untuk menjaga kesehatan anak-anak kita,” kata Zaskia.

Menurutnya, pemerintah sudah melakukan hal yang tepat dengan mencanangkan program-program yang mendukung vaksinasi. Zaskia mengatakan catatan vaksinasi juga sekarang sudah menjadi hal penting yang harus dilampirkan bersamaan dengan akta lahir dan kartu keluarga setiap anak mau daftar sekolah.

“Dan ini tidak hanya di Indonesia. Jadi tidak hanya sebagai ikhtiar menjaga kesehatan, vaksinasi ini juga harus diperhatikan oleh para orang tua yang memiliki mimpi bagi anak-anak nya untuk dapat sekolah di luar negeri,” katanya.

Kabar Miring Imunisasi Berbahaya

Ahli dari Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof. Dr.dr Soedjatmiko Sp.A(K), M.Si, menyesalkan masih banyak masyarakat yang termakan kabar bahwa miring bahwa Imunisasi berbahaya. Ini membuat banyaknya anak-anak SD di Indonesia yang Imunisasinya belum lengkap.

“Padahal semua negara, tidak hanya di Indonesia saja melakukan imunisasi. Seluruh dunia mengakui bahwa imunisasi itu aman dan efektif,” ujarnya.

Profesor yang juga akrab disapa dengan panggilan Prof Miko tersebut menambahkan, jika ada oknum yang dengan sengaja memprovokasi supaya anak-anak Indonesia tidak mendapatkan vaksin, justru itu adalah tindakan yang sangat kejam. “Jika kita menemukan orang-orang yang menyebarkan informasi tidak benar seperti itu, jangan dibantah dan jangan dilawan karena orang-orang itu akan ngeyel,” tutup Prof. Miko.

Saksikan video menarik berikut ini:


Zaskia Mecca Memandang Imunisasi dan Vaksin Sebagai Investasi