Dikritik Greenpeace Berani Jujur Pecat, Jubir KPK: Kami Mengapreasiasi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Dikritik Greenpeace Berani Jujur Pecat, Jubir KPK: Kami Mengapreasiasi


JawaPos.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi sejumlah pihak yang melakukan aksi dengan menyorotkan laser projector ke Gedung Merah Putih KPK pada Senin (28/6) malam. Aksi ini dilakukan salah satunya oleh Greenpeace, dengan membuat sejumlah tulisan ‘Berani Jujur Pecat’ hingga ‘Rakyat Sudah Mual’.

“KPK mengapresiasi pihak-pihak yang senantiasa mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia. Karena kami sadari betul bahwa setiap bagian masyarakat punya perannya masing-masing untuk ikut mendukung pemberantasan korupsi,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK, Ali Fikri dikonfirmasi, Selasa (29/6).

Ali menyatakan, pihaknya tak bosan untuk terus mengajak masyarakat melalui jargon-jargon antikorupsi seperti Berani Jujur Hebat. Karena jujur dan delapan nilai antikorupsi lainnya merupakan sikap dasar yang harus ditanamkan dengan sungguh-sungguh, agar tak terjerumus pada korupsi.

“Masyarakat tentu masih ingat dengan sembilan nilai antikorupsi, bukan? Jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani, dan adil,” ucap Ali.

“Jadi mengenai jargon Berani Jujur Pecat, kami rasa yang tepat Berani Jujur Hebat,” imbuhnya.

Sebelumnya, Koalisi Masyarakat Sipil menggelar aksi penolakan terhadap pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aksi dilakukan sekitar pukul 18.30 WIB dengan menyoroti Gedung Merah Putih KPK dengan laser projector bertuliskan ‘Berani Jujur Pecat’, ada juga tulisan lain seperti ‘Mosi Tidak Percaya’, ‘Save KPK’ dan beberapa tulisan lain.

Baca juga: Greenpeace Bentuk Tagar ‘Berani Jujur Pecat’ di Gedung KPK

Juru Kampanye Greenpeace Indonesia Asep Komaruddin menyampaikan, aksi tersebut digelar sebagai bentuk dukungan terhadap kinerja KPK. Dia menilai, KPK yang kini dipimpin Firli Bahuri sangat dilemahkan.

“Sejumlah pesan terproyeksi di gedung KPK malam ini, menyuarakan perjuangan keadilan bagi 51 pegawai KPK yang dinonaktifkan akibat dinyatakan tidak lulus Tes Wawasan Kebangsaan. Juga menyampaikan pesan untuk menyelamatkan lembaga antikorupsi ini dari cengkeraman oligarki,” kata Asep dikonfirmasi, Senin (28/6).


Dikritik Greenpeace Berani Jujur Pecat, Jubir KPK: Kami Mengapreasiasi