Kylian Mbappe Gagal, Kalah Adu Penalti dari Swiss, Prancis Menangis

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kylian Mbappe Gagal, Kalah Adu Penalti dari Swiss, Prancis Menangis


JawaPos.com – Juara Piala Dunia 2018 sekaligus unggulan di Euro 2020, Prancis, tumbang di tangan Swiss lewat adu penalti. Tersingkirnya Prancis di babak 16 besar Euro 2020 tak lepas dari kegagalan Kylian Mbappe saat adu penalti. Adu penalti dilakukan setelah selama 120 menit kedudukan tetap imbang 3-3 dalam laga di di Bucharest, Rumania, Selasa (29/6) dini hari WIB.

Mbappe menjadi satu-satunya pemain Prancis yang gagal melaksanakan tugasnya sebagai eksekutor penalti. Dan, bisa jadi bakal menghantui selama karirnya. Maklum saja, bintang Paris Saint-Germain itu menjadi satu-satunya penendang penalti yang gagal di kubu Les Bleus.

Lima penendang penalti Swiss berhasil menjebol gawang Prancis yang dijaga Hugo Lloris adalah Mario Gavranovic, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ruben Vargas, dan Admir Mehmedi. Sedangkan empat penendang penalti Prancis yang berhasil adalah Paul Pogba, Olivier Giroud, Marcus Thuram, dan Presnel Kimpembe. Swiss unggul 5-4 dalam drama adu penalti.

Mario Gavranovic pantas disebut pahlawan Swiss. Dia memaksa Prancis melanjutkan pertandingan sampai 120 menit lewat golnya pada menit 90 sehingga membuat hasil imbang 3-3. Dalam perpanjangan waktu, skor tetap sama kuat, sehingga dilakukan adu penalti dan Swiss menjadi pemenang.

Haris Seferovic sempat membawa Swiss memimpin 1-0 sampai babak pertama berakhir lewat sundulan memanfaatkan umpan matang dari Steven Zuber. Gol tersebut tercipta saat pertandingan baru berjalan 15 menit. Itu menjadi satu-satunya gol di babak pertama, hingga turun minum skor 1-0 untuk Swiss tak berubah.

Sepuluh menit babak kedua dimulai, Swiss nyaris menggandakan kedudukan setelah mendapat penalti dari wasit Fernando Rapallini. Namun, Ricardo Rodriguez gagal memasukkan bola dari tendangan karena bola sepakannya berhasil dimentahkan dan ditangkap kiper Prancis Hugo Lloris.

Keberhasilan Lloris mementahkan tendangan penalti Swiss itu melecut semangat Prancis yang langsung merespons dengan mencetak gol penyama kedudukan. Karim Benzema mencetak gol pada menit ke-57 setelah menerima assist dari Kylian Mbappe.

Dua menit berselang, tepatnya pada menit ke-59, Prancis berbalik unggul menjadi 2-1, dan kembali Benzema yang membobol gawang Swiss. Kali ini menerima umpan silang di depan mulut gawang Swiss yang sebenarnya bisa disentuh kiper Sommer namun kemudian malah mengarah ke arah kepala Benzema yang langsung disundul ke gawang Swiss.

Berbalik unggul 2-1 membuat para pemain Prancis semakin kesetanan. Pada menit ke-74, Kingsley Coman melepaskan tendangan jarak dekat namun mengarah tepat kiper Swiss. Satu menit kemudian pada menit ke-75 gelandang Paul Pogba benar-benar membuat Prancis menjauh dengan keunggulan 3-1. Bola muntah dari tendangan Benzema yang dimentahkan pemain-pemain Swiss, jatuh tepat ke kaki Pogba, yang bermanuver pelan mencari celah untuk melepaskan tendangan kaki kanan nan keras dari luar kotak penalti. Prancis memimpin 3-1.

Kylian Mbappe gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor dalam drama adu penalti dan membuat Prancis tersingkir (Uefa.com)

Ketika sepertinya Prancis akan memenangi laga, Seferovic mencetak gol keduanya sekaligus memperkecil ketertinggalan pada menit ke-81 setelah menuntaskan umpan tusukan dari kanan yang dikirimkan Kevin Mbabu lewat sundulan. Kedudukan menjadi 3-2 masih untuk keunggulan Prancis.

Tiga menit setelah Swiss mengganti Ricardo Rodriguez dengan Admir Mehmedi pada menit 87, Swiss akhirnya menyamakan kedudukan tepat pada menit ke-90. Umpan cantik dari Granit Xhaka menemui sempurna Mario Gavranovic yang kemudian mengecoh bek tengah Presnel Kimpembe untuk menyarangkan bola ke sudut bawah gawang Prancis sehingga kedudukan menjadi 3-3.

Ketika pertandingan dilanjutkan ke 2×15 menit babak perpanjangan waktu, kedua tim berusaha menyudahi pertandingan, para pemain kedua tim bergantian menusuk untuk menambah gol namun tidak berhasil sehingga kedudukan tetap 3-3. Pertandingan pun dilanjutkan ke adu penalti, dan akhirnya Swiss menjadi pemenang laga tersebut untuk menghadapi Spanyol di perempatfinal.

Prancis 3-3 Swiss
(Benzema 57, 59, Pogba 75 – Seferovic 15, 81, Gavranovic 90)
Adu penalti 4-5, Swiss melaju ke perempat final

SUSUNAN PEMAIN
Prancis: Hugo Lloris; Raphael Varane, Clement Lenglet (Kingsley Coman 46′ (Marcus Thuram 112′)), Presnel Kimpembe; Benjamin Pavard, Paul Pogba, N’Golo Kante, Adrien Rabiot; Antoine Griezmann (Moussa Sissoko 88′); Karim Benzema (Olivier Giroud 94′), Kylian Mbappe
Pelatih: Didier Deschamps

Swiss: Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez (Admir Mehmedi 87′); Silvan Widmer (Kevin Mbabu 74′), Remo Freuler, Granit Xhaka, Steven Zuber (Christian Fassnacht 80′); Xherdan Shaqiri (Mario Gavranovic 74′); Haris Seferovic (Fabian Schaer 97,), Breel Embolo (Ruben Vargas 80′)
Pelatih: Vladimir Petkovic


Kylian Mbappe Gagal, Kalah Adu Penalti dari Swiss, Prancis Menangis