Grobogan, Jepara, Boyolali Gelar Minggu di Rumah Saja Tekan Mobilitas

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Grobogan, Jepara, Boyolali Gelar Minggu di Rumah Saja Tekan Mobilitas


JawaPos.com – Hari ini, Minggu (27/6) sejumlah daerah di Jawa Tengah serentak melakukan gerakan Sehari di Rumah Saja. Gerakan inni digelar di Grobogan, Boyolali, dan Jepara. Langkah ini dilakukan guna mengurangi mobilitas warga guna menghindari kerumunan dan menekan kasus infeksi Covid-19.

Kabupaten Kudus juga sudah melaksanakan kegiatan itu sejak beberapa pekan yang lalu. “Saya terima kasih dukungan kawan-kawan di kabupaten/kota yang berani mengambil keputusan dengan mengajak masyarakatnya di rumah saja. Ini bagian dari pemanasan dan menjaga konsistensi bagaimana kita mengurangi mobilitas,” ucap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seperti dikutip Radar Solo.

Ganjar pun meminta masyarakat di Grobogan, Boyolali, Jepara, dan Kudus agar benar-benar mendukung gerakan Minggu di Rumah Saja tersebut. Ini demi tujuan menekan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Bahkan, harapannya gerakan ini bisa konsisten dilaksanakan di pekan-pekan selanjutnya.

“Sehari di rumah saja, dua hari di rumah saja, dan nanti kalau terjadi peningkatan tinggi, bisa seminggu di rumah saja. Kalau ini dilakukan, maka ini bisa memotong penularan Covid-19 di masyarakat,” jelasnya.

Ganjar berharap gerakan di rumah saja ini juga dilakukan oleh daerah lain di Jawa Tengah, khususnya mereka yang masuk zona merah. Sebab menurutnya, ketika terjadi eskalasi peningkatan penularan yang sangat cepat saat ini, maka harus direspons dengan tindakan yang tidak biasa.

Gubernur juga mengusulkan untuk melaksanakan lockdown tingkat RT di desa yang masuk zona merah. “Kalau kegiatan itu dilakukan, disambung dengan gerakan di rumah saja, maka kita punya nafas untuk mempersiapkan hal lain, seperti mengisi tempat tidur, menyiapkan tenaga kesehatan dan sebagainya,” papar dia.

Meski gerakan sehari atau dua hari di rumah saja tidak cukup untuk menekan angka penyebaran virus. Namun, menurut Ganjar, hal itu merupakan langkah awal yang bagus untuk perlahan menumbuhkan kesadaran.


Grobogan, Jepara, Boyolali Gelar Minggu di Rumah Saja Tekan Mobilitas