Pemprov DKI Terus Galakkan Vaksinasi Guna Tekan Lonjakan Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pemprov DKI Terus Galakkan Vaksinasi Guna Tekan Lonjakan Covid-19


JawaPos.com – Pemprov DKI Jakarta masih terus berupaya mengendalikan pandemi Covid-19. Seiring dengan menerapkan 3T, vaksinasi Covid-19 juga digalakkan pada sejumlah kelompok prioritas.

Kendati demikian, masih dibutuhkan peran serta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Mengingat, vaksinasi Covid-19 saat ini hanya mengurangi dampak keterpaparan, sehingga masih terdapat kemungkinan tertular dan menularkan virus Covid-19 jika longgar terhadap protokol kesehatan dalam keseharian.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia menyampaikan proses vaksinasi juga masih terus berlangsung. Untuk Vaksinasi Program, total dosis satu saat ini sebanyak 4.232.962 orang atau 48 persen dengan jumlah yang divaksin dosis satu, hari ini sebanyak 127.953 orang.

“Sedangkan total dosis dua kini mencapai 1.917.662 orang atau 21,8 persen, dengan jumlah yang divaksin dosis dua hari ini sebanyak 4.748 orang,” kata Dwi Oktavia dalam keterangannya, Selasa (29/6).

Capaian vaksinasi untuk warga usia 18-59 tahun, lanjut Dwi, untuk dosis satu telah dilakukan sebanyak 46,0 persen dan vaksinasi dosis dua sebanyak 17,5 persen. Sedangkan, pada kelompok lansia, vaksinasi dosis satu telah dilakukan sebanyak 65,8 persen dan vaksinasi dosis dua sebanyak 58,7 persen.

“Sementara vaksinasi gotong royong, untuk dosis satu telah diberikan kepada 83.415 orang dan dosis dua sebanyak 26.605 orang,” papar Dwi.

Dwi memastikan, Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan tempat tidur isolasi dan tempat tidur ICU dalam penanganan Covid-19. Berdasarkan data terakhir hingga 27 Juni 2021, terdapat peningkatan kapasitas tempat tidur isolasi dan tempat tidur ICU di 140 RS rujukan.

“Untuk tempat tidur isolasi sejumlah 10.355, persentase keterisiannya sebesar 93 persen dengan total pasien isolasi sebanyak 9.612 orang. Sedangkan, untuk tempat tidur ICU sejumlah 1.260, persentase keterisiannya sebesar 87 persen dengan total pasien ICU sebanyak 1.096 orang,” ungkap Dwi.

Melalui Satpol PP Provinsi DKI Jakarta, penindakan atas pelanggaran penggunaan masker dan pendataan buku tamu juga akan digencarkan, begitu pula dengan bentuk pelanggaran-pelanggaran PSBB lainnya, seperti pelanggaran di restoran/rumah makan, serta pelanggaran perkantoran, tempat usaha, dan tempat industri.

“Sanksi yang diberlakukan berupa kerja sosial, denda, penghentian sementara kegiatan, hingga pencabutan izin usaha,” pungkas Dwi.


Pemprov DKI Terus Galakkan Vaksinasi Guna Tekan Lonjakan Covid-19