Pidato Nuzulul Quran Sultan Brunei Jadi Bahan Hoax

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pidato Nuzulul Quran Sultan Brunei Jadi Bahan Hoax


AKUN Facebook Anak Bangsa mengunggah video pidato sultan Brunei Darussalam pada 21 Juni 2021. Jika didengarkan sampai habis, tak ada satu pun perkataan Sultan Hassanal Bolkiah itu yang membahas pemerintahan Indonesia ataupun kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, akun Anak Banggsa malah membubuhkan keterangan bahwa pidato tersebut menyoroti kinerja Presiden Jokowi dalam penanganan pandemi Covid-19 (bit.ly/SorotiJokowi).

Pada detik-detik awal, video berdurasi 10 menit 12 detik itu memperlihatkan sultan Brunei sedang berpidato. Namun, selanjutnya ada sisipan kegiatan vaksinasi di Indonesia, termasuk pidato sambutan Jokowi saat pelaksanaan vaksinasi di Rusun Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, Senin (14/6). Jokowi saat itu menyampaikan soal target vaksin untuk mencapai kekebalan komunal.

Isi pidato sultan Brunei itu sama sekali tidak menyebut nama Presiden Jokowi. Namun, pada menit ke-4 detik ke-17, terdengar suara yang membacakan berita tentang peristiwa pos penyekatan Suramadu yang rusak akibat insiden tes antigen beberapa saat lalu. Jelas sekali, video yang bersumber dari kanal YouTube Menembus Batas itu hasil rekayasa. Merupakan penggabungan video yang berbeda dan dinarasikan menjadi satu.

Hasil penelusuran menggunakan situs padanan gambar menunjukkan, pidato Sultan Hassanal Bolkiah tersebut pernah diunggah kanal Radio Television Brunei atau RTB News pada 30 April 2021. Sultan berpidato dalam acara peringatan Nuzulul Quran pada 29 April lalu. Dalam pidatonya, sultan berharap rakyat mampu dan harus menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup. Sekaligus sebagai penawar dan rahmat untuk dapat mencegah pandemi Covid-19.

”Untuk menolak wabah pun (pandemi Covid-19, Red) kita memperbanyak zikir, di mana kepala zikir adalah Alquran. Insya Allah, dengan menjadikan zikir dan Alquran itu sebagai amalan dan pegangan, maka Brunei Darussalam dengan izin Allah akan menjadi sebuah negara yang benar-benar selamat dan sehat serta aman sejahtera.” Begitu penggalan pidato yang disampaikan Sultan Hassanal Bolkiah. Anda dapat melihatnya di bit.ly/NuzululQuranBrunei.

Sementara itu, portal resmi rtbnews.rtb.gov.bn mengulas secara singkat pidato tersebut. Bagi Sultan Bolkiah, manfaat membaca Alquran diperoleh tidak hanya untuk pembacanya, tetapi juga membawa perdamaian, keamanan, dan kemakmuran negara. Dia menyampaikan ”titah” itu pada Peringatan Nuzulul Quran Tingkat Nasional 1442 Hijriah di International Convention Center, Berakas, 29 April 2021. Anda dapat membacanya di bit.ly/TitahSultan.

Baca Juga: Ini Cerita Keluarga yang Bingung Cari RS di Surabaya

FAKTA

Dalam video itu, Sultan Hassanal Bolkiah berpidato saat peringatan Nuzulul Quran pada April 2021. Isinya tentang manfaat membaca dan mempelajari Alquran. Dia sama sekali tidak menyinggung Presiden Jokowi.


Pidato Nuzulul Quran Sultan Brunei Jadi Bahan Hoax