Banyak Pekerja Bekerja Tak Sesuai Level Pendidikan dan Bidangnya

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Banyak Pekerja Bekerja Tak Sesuai Level Pendidikan dan Bidangnya


JawaPos.com–Kementerian ketenagakerjaan terus mendorong pusat pasar kerja agar menjadi tempat bertemunya kebutuhan dunia kerja dengan ketersediaan sumber daya manusia.

Sekretaris Jenderal Kemenaker Anwar Sanusi mengatakan, dalam dunia ketenagakerjaan sering terjadi mismacth atau ketidaksesuaian antara supply dan demand. Mismatch atau ketidaksesuaian tersebut terbagi menjadi vertical mismatch dan horizontal mismatch.

”Vertikal mismatch terjadi ketika seseorang bekerja, tetapi tidak sesuai dengan level pendidikannya. Misalnya, seseorang sarjana mengerjakan pekerjaan yang dapat dikerjakan lulusan SMA,” ujar Anwar dalam keterangannya, di Jakarta.

Adapun horizontal mismatch, lanjut dia, ketidakcocokan antara latar belakang pendidikan dan pekerjaan.

”Misalnya, seorang lulusan sarjana teknik mesin bekerja sebagai manajer keuangan,” terang Anwar.

Anwar mengungkapkan, ketidaksesuaian secara vertikal maupun horizontal banyak terjadi. Hal tersebut menjadi tantangan dalam mempersiapkan peningkatan sumber daya manusia di tanah air.

”Baik ketidaksesuaian secara vertikal maupun horizontal ini banyak terjadi, Ini menjadi tantangan kita untuk terus berupaya mengatasinya sebagaimana arahan Bu Ida Fauziyah,” tutur Anwar Sanusi.


Banyak Pekerja Bekerja Tak Sesuai Level Pendidikan dan Bidangnya