Muncul Klaster Covid-19, Chinatown Singapura Sepi Bak Kota Hantu

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Muncul Klaster Covid-19, Chinatown Singapura Sepi Bak Kota Hantu


JawaPos.com – Para pedagang di Chinatown bersedih karena dagangan mereka sepi. Bahkan sebagian besar kios tetap memilih tutup. Kompleks yang menampung 700 kios itu ditutup mulai pukul 15.00 pada Minggu (12/9) hingga 23.59 pada Rabu (15/9) karena muncul klaster Covid-19.

Awalnya ada 66 kasus Covid-19 di tempat tersebut. Klaster kemudian berkembang menjadi 242 kasus. Sebagian besar individu yang terinfeksi adalah pemilik kios dan asisten yang bekerja di tempat tersebut.

Pusat makanan adalah tempat yang populer bagi para lansia kumpul-kumpul. Straits Times menyebut Chinatown seperti kota hantu saat jam 10 pagi hingga sore hari. Hanya sekitar 10 dari 260 kedai makanan yang buka dan hampir tidak ada orang yang mampir untuk makan.

Orang-orang yang bekerja di beberapa kios yang buka mengatakan ada penurunan 80 hingga 90 persen dalam jumlah pejalan kaki. Di Knight’s Kitchen, sebuah kedai makanan India di sudut pusat makanan mengatakan bahwa dia hanya menjual delapan bungkus briyani antara pukul 8 pagi hingga 13.30 siang. Pada hari-hari biasa, dia bisa menjual sekitar 100 paket dalam waktu itu.

Pria berusia 56 tahun tersebut mengatakan khawatir karena harus membayar SGD 600 dolar untuk sewa kios bulan ini. Padahal, pengunjung takut datang.

“Orang-orang takut datang ke sini karena kasus Covid-19, tetapi saya membuka kios saya karena saya perlu memberi makan keluarga saya,” katanya.

Pemilik warung Madam Lee, 68, mengatakan pengunjung kurang dari 20 orang sejak buka pada pukul 6.30 pagi. Bahkan saat jam makan siang pun masih sepi.

“Biasanya, saat ini, sebagian besar barang akan terjual habis, tetapi hari ini tidak ada satu pun yang beli,” katanya merujuk pada roti yang dia jual.

Dia mengatakan bahwa saat dia divaksinasi, dia tidak terlalu khawatir terkena Covid-19. “Saya lebih takut orang tidak akan kembali (ke kios),” katanya.

Otoritas setempat mengatakan akan membantu pemilik kios dengan membebaskan biaya layanan dan pemeliharaan dan biaya izin kerja sementara di Kompleks Pecinan selama periode penutupan. Langkah ini tentunya cukup melegakan para pedagang di area tersebut.

Di lantai bawah, para pemilik warung yang menjual pakaian, sepatu, dan mainan juga terlihat murung. Seorang pemilik toko sepatu Ong, 68, mengatakan akan memakan waktu setidaknya beberapa minggu bagi pelanggan untuk kembali.

“Di sini sebenarnya aman karena sudah disinfeksi, namun masih banyak orang belum mau datang,” katanya.


Muncul Klaster Covid-19, Chinatown Singapura Sepi Bak Kota Hantu