Pengamat Sebut Xi Jinping Terancam Dilengserkan Lewat Kudeta Internal

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pengamat Sebut Xi Jinping Terancam Dilengserkan Lewat Kudeta Internal


JawaPos.com – Presiden Tiongkok Xi Jinping disebut terancam segera dilengserkan dari jabatannya lewat kudeta. Ancaman itu bisa dilakukan oleh saingan Partai Komunis Tiongkok.

Mantan diplomat Roger Garside yang menjadi pengamat mengatakan Xi Jinping selama ini dikenal sebagai pemimpin negara yang paling berkuasa sejak rezim Mao Zedong. Namun, sang pengamat percaya Xi bisa segera dicopot dari jabatannya dalam kudeta oleh komplotan pro-demokrasi di dalam pemerintahan.

Roger Garside, penulis buku ‘China Coup: The Great Leap to Freedom’ berpendapat bahwa ancaman itu ada benang merah dengan Amerika Serikat. Garside mengatakan AS perlu lebih keras terhadap Tiongkok untuk membantu internal penentang rezim Xi. Garside mengatakan hal itu kepada DW News.

Menurutnya ancaman justru ada dari dalam kabinet. Xi Jinping bisa dilengserkan oleh internalnya sendiri.

“Kediktatoran totaliter ini secara lahiriah kuat, tetapi lemah di dalam,” kata Garside seperti dilansir Express.

“Ancaman utama ada di dalam jajaran teratas Partai Komunis. Tetapi dengan kekuatan eksternal yang bekerja juga. AS dan sekutunya harus mengadopsi strategi yang lebih agresif terhadap Tiongkok,” imbuh Garsiden. “Tidak ada yang bisa mendikte bagaimana Tiongkok diatur,” pungkasnya.


Pengamat Sebut Xi Jinping Terancam Dilengserkan Lewat Kudeta Internal