Akhirnya, Masalah Lahan Frontage Road Sidoarjo Beres

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Akhirnya, Masalah Lahan Frontage Road Sidoarjo Beres


JawaPos.com- Di antara kendala penuntasan proyek frontage road di Sidoarjo adalah belum semua lahan terbebaskan. Setidaknya, ada 23 bidang lahan. Namun, kini kendala itu bakal teratasi. Pemkab Sidoarjo memperkirakan, pada 11 November nanti, nilai appraisal lahan tersebut sudah keluar.

”Tanggal 11 (November) nilai appraisal-nya akan disampaikan, dilanjutkan dengan pembayarannya,” kata  Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Pemkab SidoarjoSigit Setyawan.

Dengan begitu, frontage road sepanjang 1.600 meter itu segera terwujud. Kini sudah ada kejelasan terkait dengan 13 bidang lahan yang sebelumnya dikira tumpang-tindih antara warga dan PT Kereta Api Indonesia (KAI). ”Akhirnya, rapat bersama BPN, PT KAI, dan PGN. Kami juga sudah survei bersama. Ternyata lahan itu berimpitan antara milik warga dan PT KAI,” jelas Sigit.

Artinya, kini sudah jelas mana yang milik warga dan yang milik PT KAI. Namun, Sigit menyebutkan, di antara 23 bidang, ada tiga bidang yang terpaksa titip bayar ke pengadilan. ”Ada tiga warga yang nanti rencana konsinyasi,” ungkapnya.

Konsinyasi tersebut terjadi karena masih ada permasalahan waris. Pihak desa tidak bisa menyelesaikannya. ”Solusinya dikonsinyasi. Nanti terserah pengadilan mana warga yang berhak agar kami bisa segera action,” tuturnya.

Menurut dia, pembebasan lahan tinggal menunggu pembayaran. Ditargetkan, tahun ini frontage sepanjang 1.600 meter sudah terbangun. ”Setelah ganti rugi terbayar, nanti (bangunan) kami robohkan agar bisa segera dibangun,” ujarnya.

Saat ini petugas masih memasang sheet pile di sisi barat jalan. Selain itu, pemadatan tanah dilakukan. Tiang PLN belum dipindahkan. ”Sekitar seminggu lagi pemasangan sheet pile selesai. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemindahan tiang PLN di sana,” papar Sigit.

Sigit mengakui, pemindahan tiang PLN memang dilematis. Kalau tiang lebih dulu dipindahkan, lanjut dia, pemasangan sheet pile terhambat karena sama-sama menggunakan alat berat. Kalaupun tidak dipindahkan, keberadaan tiang listrik menghambat pemasangan sheet pile. ”Setelah didiskusikan, disepakati sheet pile dulu,” tandasnya.


Akhirnya, Masalah Lahan Frontage Road Sidoarjo Beres