Atasi Persoalan Obesitas, Target Pemerintah Tidak Muluk-Muluk

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Atasi Persoalan Obesitas, Target Pemerintah Tidak Muluk-Muluk


JawaPos.com – Angka obesitas atau kelebihan berat badan di Indonesia masih tinggi. Untuk kelompok dewasa saja, sekitar 68 juta jiwa alami obesitas. Pemerintah memasukkan penanganan obesitas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Program penanganan obesitas tersebut disampaikan Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Bappenas Pungkas Bahjuri Ali. “Obesitas adalah isu krusial,” katanya Sabtu (13/11). Untuk itu perlu penanganan serius dan melibatkan banyak pihak. Apalagi penanganan obesitas terkait dengan perilaku dan kebiasaan masyarakat.

Dia menegaskan obesitas harus ditangani. Sebab data dari pemerintah, 70 persen kasus penyakit tidak menular (PTM) dipicu obesitas. Obesitas kebanyakan karena masalah nutrisi. Diantaranya kebanyakan konsumsi gula, garam, serta minyak atau lemak.

Untuk itu Pungkas mengatakan pemerintah memasukkan program penanganan obesitas dalam RPJMN 2020-2024. “Targetnya tidak muluk-muluk,” tegasnya. Targetnya adalah yang penting angka obesitas di Indonesia tidak mengalami kenaikan pada 2024 nanti.

Dia mengungkapkan target yang dipatok Indonesia tersebut sama dengan target global. Menurutnya dunia juga tidak muluk-muluk, yaitu menargetkan tidak adanya penambahan obesitas. “Dari seluruh masalah gizi, obesitas menjadi tantangan paling sulit. Tapi tetap harus ditangani,” paparnya.

Sebelumnya persoalan obesitas dikupas dalam Scaling Up Nutrition (SUN) Annual Meeting pada Jumat (12/11) kemarin. Dalam forum ini, Plt Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes Elvieda Sariwati menyampaikan data soal obesitas di Indonesia. ’’Sekitar satu dari tiga orang dewasa mempunya obesitas,’’ katanya. Angka tersebut sebanding dengan 35,4 persen populasi orang dewasa atau setara dengan 68 juta jiwa.

Selain itu angka obesitas di kategori anak-anak (usia 5-12 tahun) juga tidak kalah tinggi. Elvieda mengatakan sekitar satu dari lima anak-anak mempunyai kelebihan berat badan atau obesitas. Angka tersebut setara dengan 20 persen populasi anak-anak di Indonesia.

Menurut dia obesitas harus ditangani. Sebab menjadi faktor pemicu munculnya penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes. Dia menuturkan penyebab obesitas adalah pola makan. Makanan dan minuman olahan siap saji saat ini menjadi jenis konsumsi terbesar mencapai 32,7 persen. Obesitas juga dipicu konsumsi gula, garam, serta minyak atau lemak yang berlebihan.


Atasi Persoalan Obesitas, Target Pemerintah Tidak Muluk-Muluk