Bobby Nasution Sediakan Lowongan kerja untuk Penyintas Disabilitas

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Bobby Nasution Sediakan Lowongan kerja untuk Penyintas Disabilitas


JawaPos.com- Sejak lama Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution menaruh perhatian besar kepada penyintas disabilitas. Dalam tiap pertemuan dengan mereka, Bobby senantiasa mendapat curhatan bahwa disabilitas sulit dalam mencari pekerjaan.

Maka ketika Pemko Medan melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Medan menggelar Virtual Job Fair Kota Medan di halaman Kampus LP31 Jalan Sei Serayu Medan, Rabu (17/11/2021), Bobby kembali mengingatkan agar tiap perusahaan yang ikut Job Fair tersebut menyediakan lowongan untuk penyintas disabilitas.

Saat membuka event yang berlangsung selama 5 hari itu, Bobby Nasution menyediakan sebanyak 1.449 lowongan pekerjaan dari 27 perusahaan dengan 94 jabatan. Dari lowongan tersebut Bobby menyediakan 25 lowongan untuk penyintas disabilitas. Memang dari peraturan perusahaan swasta hendaknya menyiapkan 1 persen posisi kerja untuk disabilitas. Sedangkan BUMN dan pemerintahan menyiapkan 2 persen untuk disabilitas.

“Saya senang perusahaan yang ikut dalam job fair ini menyiapkan lowongan untuk disabilitas. Saya ucapkan terimakasih,” kata Bobby.

Bobby juga membahas kondisi perekonomian yang terganggu akibat wabah Covid-19. Kondisi itu membuat tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan yang awalnya single digit, jelasnya, kini menjadi double digit. Oleh karenanya dengan dibukanya job fair ini, Bobby berharap dapat memberikan kemudahan mencari lapangan pekerjaan di Kota Medan.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi pemicu bagi para pencari kerja untuk bisa kembali memotivasi dirinya. Sebab, pada masa pandemi ini banyak yang membutuhkan pekerjaan. Di samping itu selama pandemi ini, banyak juga kegiatan berubah dari yang sebelumnya langsung sekarang menjadi virtual menggunakan digitalisasi. Mudah-mudahan kita bisa beradaptasi dan harus bisa mengalihkan momentum untuk mendigitalisasikan kemampuan kita,” kata Bobby Nasution.

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat mengunjungi salah satu peserta Virtual Job Fair Kota Medan di halaman Kampus LP31 Jalan Sei Serayu Medan, Rabu (17/11/2021). (Istimewa)

Bobby juga mengajak perusahaan berinvestasi di Kota Medan. Pemko Medan pun bakal memperbaiki berbagai lini agar mempermudah investasi di Kota Medan.

“Apa kekurangan Pemko Medan, sama-sama kita perbaiki agar iklim investasi di Kota Medan semakin baik ke depannya sehingga bisa menumbuhkan banyak lapangan pekerjaan. Mari kita bicarakan bersama-sama, bagaimana meningkatkan perekonomian di Kota Medan agar tingkat pengangguran bisa kembali turun,” ungkapnya.

“Saya berpesan kepada para pencari kerja, gali terus kemampuan potensi dirinya masing-masing. Kesempatan seperti ini harus kita manfaatkan untuk mencapai cita-cita kita kedepannya,” pesannya.

Sebelumnya, Kadis Ketenagakerjaan Kota Medan Hannalore Simanjuntak dalam laporannya menyampaikan, Job Fair Kota Medan tahun 2021 dilaksanakan secara virtual karena masih pandemi Covid-19 dan Kota Medan masih dalam status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Dijelaskannya, seluruh lowongan dan lamaran pekerjaan antara perusahaan dan pencari kerja dapat diakses melalui website dengan alamat jobfair.pemkomedan.go.id. Bagi masyarakat Kota Medan yang ingin melamar, jelas Hannalore, dapat memenuhi persyaratan, salah satunya memiliki kartu pencari kerja (ak 1) dari Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan.


Bobby Nasution Sediakan Lowongan kerja untuk Penyintas Disabilitas