Infinix Zero X Neo: Ponsel Gaming Terjangkau, Gendong Fitur Unggulan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Infinix Zero X Neo: Ponsel Gaming Terjangkau, Gendong Fitur Unggulan


JawaPos.com – Di industri smartphone tanah air, nama Infinix memang kurang begitu terdengar gaungnya. Punya perangkat dengan spesifikasi dan harga yang bagus tak cukup bisa membuat Infinix duduk di lima besar merek ponsel terlaris di tanah air dan kalah dengan nama-nama asal Tiongkok lainnya.

Infinix tak tinggal diam. Sepanjang 2021 misalnya, mereka cukup getol merilis model terbaru yang mewakili segmen-segmen terlaris di tanah air. Terkini, Infinix merilis seri Zero X Neo yang diklaim punya spesifikasi ala ponsel gaming namun hadir dengan harga yang terjangkau.

JawaPos.com sudah menjajal seri Zero X Neo yang ditawarkan dengan harga mulai Rp 3 jutaan. Berikut ulasan selengkapnya.

Desain
Untuk urusan desain, Infinix tampaknya cukup mengikuti tren terkini yang berkembang di pasaran untuk smartphone yang dihadirkannya. Infinix Zero X Neo hadir dengan dimensi 168.4 x 76.5 x 8.8 mm. Pada bagian belakang, Zero X Neo mengusung tiga kamera yang disusun bertumpuk dalam modul persegi yang sedang booming belakangan ini.

Pada sisi belakang, Infinix Zero X Neo yang punya tiga pilihan warna yakni hitam, abu-abu dan biru membawa gaya pewarnaan standar namun tetap bisa elegan. Tak norak apalagi mencolok, seri Zero X Neo sedikit diberi taburan glitter pada sentuhan pewarnaannya untuk memberikan kesan mewah. Untuk warna hitam, pewarnaan dengan gaya klasik ini masih enak dilihat.

Modul kamera kotaknya tampil cukup luas. Terbilang makan tempat, namun masih bisa ditoleransi. Pada area ini ada satu kamera utama yang paling menonjol dan paling besar di bagian atas serta identitas pelengkap berupa tulisan “60x” dan detail fitur kamera seperti 48 MP.

Perangkat smartphone Infinix Zero X Neo (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Segaris dengan kamera di bagian bawah ada logo Infinix. Sisanya polos. Bagian ini tampil normal dan tak banyak tingkah.

Sementara pada bagian tepi-tepi ponsel, meski hadir dengan dimensi yang cukup besar, handset ini masih nyaman digenggam dengan detail sentuhan halus pada area sisi. Tidak tajam dan enak dipegang.

Pada area atas polos. Di sisi kanan ada tombol volume Up-Down dan tombol power sekaligus tombol kapasitif untuk area fingerprint scanner. Di sisi kiri ada slot kartu SIM dan Micro-SD sementara pada bagian bawah standar dengan ada slot Type-C, lubang headset dan area speaker.

Di sisi desain, Infinix pas buat yang suka gaya ponsel yang apa adanya dan tak banyak sentuhan pewarnaan yang mencolok. Meski terkesan klasik, modul kamera kotak dan layar berlubang atau punch hole cukup bisa memberi gambaran bahwa Infinix tak ketinggalan tren.

Layar dan Spesifikasi
Infinix Zero X Neo sebetulnya membawa spesifikasi layar yang standar. Namun apakah fungsinya juga demikian? Infinix Zero X Neo mengusung layar masih IPS LCD. Bentang layarnya secara keseluruhan mencapau 6,78 inci. Buat penyuka konten visual dan para gamers, layar sedemikian cukup menjanjikan pengalaman penggunaan yang bisa membua puas.

Dan, meski masih IPS LCD yang notabene sudah kuno, Zero X Neo tak bisa dianggap remeh dengan membawa refresh rate mencapai 90 Hz dan resolusi Full HD Plus 1.080 x 2.460 piksel, kerapatan piksel 396 ppi, dan rasio screen to body 84,7 persen dan sudah membawa konsep modul kamera selfie punch hole.

Dengan spek yang demikian, area layar ponsel gaming murah ini layak dipertimbangkan. Performanya bagus, sentuhannya halus dan responsif meski dalam beberapa kasus penggunaan terdapat kendala khas panel IPS LCD yakni kalah dengan sinar matahari atau cahaya terang lainnya.

Di bagian layar tak ada tombol fisik. Semua tombol seperti Recent Apps, Back dan Home Button dibuat menyatu ke area layar secara virtual.

Infiniz Zero X Neo di bagian layar sudah dibekali dengan perlindungan tambahan berupa anti gores dalam paket penjualannya. Sayangnya anti gores bonus itu tak langsung dipasang sehingga konsumen masih perlu memasang sendiri anti goresnya. Kelengkapan lain dalam paket penjuala ada aksesori Jelly Case untuk melindungi area belakang ponsel, charger dan kabel Type-C lengkap dengan booklet garansi dan panduan manual yang dikemas dalam boks berwarna hitam.

Performa
Sekilas dari desain dan layar memang biasa saja. Namun, siapa yang akan menyangka performanya akan cukup “gila” di segmen harganya. Di bagian mesin, Infinix Zero X Neo diperkuat prosesor MediaTek Helio G95. Chip ini sebagaimana diketahui merupakan chip gaming mobile namun dengan rentang harga yang masih bisa dibeli kebanyakan orang.

Mendampingi prosesornya, ada pengolah grafis atau GPU ARM Mali-G76 MP4 yang bersanding dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Ponsel ini juga sudah hadir dengan sistem operasi atau OS Android 11 dan dipadu dengan User Interface (UI) racikan Infinix sendiri yakni XOS 7.6 yang halus dan mudah digunakan.

Secara teknis, spesifikasi yang kami jabarkan di atas harusnya sudah bisa membuat ponsel ini unggul dalam mengawal banyak kebutuhan penggunanya. RAM dan ROM besar, chip gaming kelas atas di harga terjangkau menurut kami membuat Zero X Neo layak dipertimbangkan untuk dipinang.

Uji bencmark smartphone Infinix Zero X Neo (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Soal performa, Zero X Neo juga kami lakukan benchmark dengan aplikasi benchmark sintetis AnTuTu dan PC Mark. Di AnTuTu Benchmark v9.1.8, Infinix Zero X Neo bisa menghasilkan skor sebesar 358936.

Dengan perolehan skor segitu, menurut kami angka tersebut di atas rata-rata ponsel kebanyakan. Sementara untuk PC Mark Work 3.0 Performance, Zero X Neo menggantung skor di angka 9232, lagi-lagi cukup besar di kelasnya. Inilah yang membuat kami tak menyangka dan cukup dibuat kaget. Siapa mengira Infinix dengan Zero X Neo bisa sekuat ini.

Performa lainnya yang mendukung perangkat ini adalah baterainya yang besar yakni 5.000 mAh dengan fast charging 18W. Sektor baterai juga kami buktikan performanya dengan benchmark pemakaian nonstop mampu menyentuh durasi 14 jam 29 menit digunakan tanpa henti.

Sebagai pelengkap, Zero X Neo juga dibekali dengan fitur keamanan yang bisa dipercaya. Selain pola dan kata sandi, ada Face Unlock dan Fingerprint Scanner sebagai pengaman perangkat ini.

Game Rata Kanan
Performa baik di bechmark dan penggunaan sehari-hari. Untuk main game? Infinix Zero X Neo yang diberi embel-embel ponsel gaming terjangkau tak lupa kami ajak bermain game. Lagi-lagi, handset ini mengesankan. Banyak game kami jajal, dari standar sekelas mainan bocah sampai game yang masuk liga E-Sport bergengsi seperti Mobile Legends: Bang Bang dan Call of Duty: Mobile. Hasilnya, handset ini tak mengecewakan.

Di game Call of Duty: Mobile, Infinix Zero X Neo bisa diatur ke pengaturan grafis dan frame rate maksimum. Kalau anak-anak game bilang rata kanan.

Uji gaming smartphone Infinix Zero X Neo (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dan menariknya lagi, pengaturan ini dibuat secara default saat memuat game untuk pertama kalinya. Tampak pada gamar kualitas grafik duduk di pengaturab ‘High’ dan masih bisa ditingkatkan ke mode ‘Very High’. Begitu juga dengan frame rate-nya yang menggantung secara default di ‘High’ dan bisa dibuat mentok sampai ke mode ‘Max’.

Ingat, itu pengaturan default yang dipilih oleh sistem secara otomatis dan masih bisa ditingkatkan. Artinya secara teknis, sistem membaca perangkat ini memang bisa menjalankan pengaturan demikian. Pun demikian saat dijajal ke game Mobile Legends: Bang Bang, grafik dan frame rate sanggup dibuat rata kanan dan membuat pengalaman bermain game terasa halus tanpa lag.

Kamera
Hasil kamera dari handset ini hasilnya lumayan. Infinix Zero X Neo membawa kamera utama denga kekuatan 48 MP. Bersanding dengan kamera utama di bagian belakang, ada kamera periskop 8 MP 5x optical zoom dengan OIS, dan kamera depth 2 MP. Sedangkan kamera depan berukuran 16 MP.

Khas kamera ponsel zaman sekarang, tak lupa dibekali fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence atau AI. Untuk UI kameranya juga cukup mudah digunakan dan memilih banyak fitur yang tersedia.

Soal hasilnya oke. Untuk pemotretan siang hari yang kaya cahaya, Zero X Neo kameranya ciamik. Hasil bidikannya tak mengecewakan. Gambarnya detail dan kaya warna, fokus cukup tajam namun tak berlebihan dalam menyeleksi objek sehingga hasilnya tampak natural.

Kamera smartphone Infinix Zero X Neo (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Kamera depan untuk berswafoto ria juga demikian. Meski ukurannya kecil dan hanya 16 MP, hasilnya cukup tajam dan natural tanpa efek berlebihan yang norak. Untuk pemotretan malam hari, di bagian depan tersedia LED Flash yang tersembunyi di bagian panel layar dan bezel jadi bisa cukup membantu membuat hasilnya apik meski kurang cahaya.

Pada bagian kamera belakang cukup jago di kondisi malam hari atau minim cahaya dengan adanya mode malam atau Night Mode. Over all di sisi kamera cukup memuaskan.

Kesimpulan
Infinix Zero X Neo dengan rate harga yang terjangkau cukup mengesankan. Perangkat ini bisa bersaing dengan kompetitor. Soal desain nggak norak dan banyak gaya tapi performanya menggoda. Main game berat dan multitasking juga bisa dikerjakan dengan sangat mudah dengan perangkat ini dan baterainya awet. Kameranya juga demikian, hasilnya baik dan memuaskan.

Tergantung strategi pemasaran yang tepat dan meyakinkan konsumen kalau perangkat ini layak dibeli. Handset, performa, dan harganya sudah bagus.

Berikut hasil jepretan kamera Infinix Zero X Neo dalam berbagai situasi penggunaan:

Foto-foto: Rian Alfianto/JawaPos.com


Infinix Zero X Neo: Ponsel Gaming Terjangkau, Gendong Fitur Unggulan