Jaringan Makin Luas, 5G Indosat Ooredoo Hadir di Makassar

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Jaringan Makin Luas, 5G Indosat Ooredoo Hadir di Makassar


JawaPos.com – Indosat Ooredoo mengumumkan peluncuran layanan komersial 5G di Makassar. Peluncuran ini merupakan kelanjutan dari hadirnya 5G Indosat Ooredoo di Indonesia yang dimulai dari Solo, Jakarta, dan Surabaya beberapa waktu lalu.

Layanan 5G komersial Indosat Ooredoo pertama di Indonesia Timur ini dikatakan merupakan bagian dari kemitraan dengan Huawei yang berupaya membangkitkan kembali sektor ekonomi lokal utama, khususnya sektor pertanian, perdagangan, dan pariwisata.

President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan bangga meluncurkan layanan komersial 5G Indosat Ooredoo di Makassar untuk melanjutkan revolusi 5G di seluruh negeri, mencapai Indonesia Timur.

“Teknologi ini akan membuka peluang besar bagi masyarakat setempat untuk membangkitkan kembali ekonomi lokal di berbagai industri di pusat perdagangan Indonesia Timur ini, mulai dari sektor pertanian, perdagangan, dan pariwisata,” ujarnya melalui jumpa pers daring pasa Jumat (19/11).

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia dalam kesempatan yang sama mengapresiasi komitmen Indosat Ooredoo dalam menyediakan layanan komersial 5G di Makassar sebagai pusat perdagangan Indonesia Timur.

Menurutnya, dukungan teknologi 5G memberikan ketersediaan infrastruktur komunikasi yang penting bagi investor. Tentunya ini juga menceminkan pemerataan pembangunan di wilayah timur Indonesia yang telah menuju Smart City dan Industri 4.0.

“Kami berharap teknologi 5G ini dapat dimanfaatkan secara efektif untuk mendorong inovasi di berbagai sektor, meningkatkan ekspor, menciptakan lapangan kerja, dan memungkinkan pemulihan yang cepat. Pada gilirannya, perbaikan ini akan meletakkan dasar bagi pertumbuhan ekonomi yang kuat dan ekonomi digital di tahun-tahun mendatang,” ungkap Bahlil.

Hadirnya layanan komersial 5G Indosat Ooredoo di Makassar juga menampilkan beberapa use cases paling canggih antara lain Smart City & Digital Lifestyle. Indosat Ooredoo menyebut, teknologi 5G adalah titik balik evolusi Makassar sebagai Smart City karena akan meningkatkan gaya hidup dan kolaborasi warga.

Contoh pemanfaatan termasuk di antaranya Mixed Reality Entertainment, Bullet Moment Photograph, Smart TV, Immersive Live Streaming Video, dan Interactive Learning Experience.

Kemudian ada juga trial di sektor Digital Agribusiness. Teknologi 5G sebagai titik balik dalam evolusi industri pertanian dalam use case ini akan memungkinkan Autonomous Irrigation dan Smart Farming dengan akurasi yang lebih baik dan limbah yang lebih sedikit.

Contoh pemanfaatan, termasuk diantaranya sistem pemantauan tanah dan iklim secara real-time, irigasi dan fertigasi otonom, dan automatic compound fertilizer.

Beberapa contoh penggunaan 5G lainnya adalah pada bidang Smart Commerce & Trading, Digital Tourism & Hospitality, dan Smart Industry 4.0.

“5G akan membentuk Industri 4.0 dengan teknologi baru, seperti sistem komputasi berbasis cloud dan edge, yang menjanjikan kemampuan besar untuk mengoptimalkan proses dan menciptakan nilai. Contoh pemanfaatan, termasuk diantaranya Smart Manufacturing, Industrial Automation, dan Active Safety Management Solution,” tandas Al-Neama.


Jaringan Makin Luas, 5G Indosat Ooredoo Hadir di Makassar