Matangkan Rencana Pembangunan Flyover Aloha

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Matangkan Rencana Pembangunan Flyover Aloha


JawaPos.com – Langkah-langkah konkret demi memajukan Sidoarjo terus diwujudkan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Salah satunya adalah pembangunan flyover Aloha dan flyover Gedangan. Proyek pengurai kemacetan itu masuk Perpres 80/2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi.

Sebagai upaya percepatan, Pemkab Sidoarjo menggelar rapat koordinasi (rakor) di Pendapa Delta Wibawa, Sidoarjo, Kamis (11/11) kemarin. Rakor itu dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, perwakilan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), perwakilan Lantamal V Surabaya, dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim-Bali.

Suasana Rakor di Pendapa Delta Wibawa. (Dok. Pemkab Sidoarjo)

’’Alhamdulillah, hari ini kami ada audiensi terkait dengan flyover Aloha. Dalam proyek ini, Pemda Sidoarjo bagian pembebasan lahan. Karena sudah punya pengalaman sebelumnya di pembebasan lahan proyek frontage road, semoga pembebasan lahan di proyek flyover ini lebih mudah dan cepat karena pemilik lahannya 80 persen adalah TNI-AL. Di mana tinggal kami bangun komunikasi dan koordinasi dengan TNI-AL untuk memudahkan pembebasan lahan ini dengan cara hibah,’’ ujar Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi SH.

Dia ingin tahap pembebasan lahan mulai dilakukan pada Januari 2022. Dinas pekerjaan umum bina marga dan sumber daya air (DPUBMSDA) perlu membuat surat yang ditujukan pada Lantamal V untuk memulai tahap tersebut.

Plt Kepala DPUBMSDA Sigit Setyawan. (Dok. Pemkab Sidoarjo)

Plt Kepala DPUBMSDA Sidoarjo Sigit Setyawan mengungkapkan bahwa Kementerian PUPR sudah memaparkan desain. Feasibility study (FS) alias studi kelayakan juga sudah ada. Selanjutnya, Pemkab Sidoarjo akan menyiapkan dokumen perencanaan pengadaan tanah. Sementara itu, pembangunan frontage road Aloha–Gedangan yang memiliki keterkaitan dengan proyek flyover Aloha ditargetkan selesai Desember tahun ini. (nof/c12/kkn)


Matangkan Rencana Pembangunan Flyover Aloha