Motor Listrik Buatan Anak Negeri Mantan Engineer Tesla ada di GIIAS

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Motor Listrik Buatan Anak Negeri Mantan Engineer Tesla ada di GIIAS


JawaPos.com – Quest Motors, pabrikan motor startup asal Indonesia membawa sepeda motor listrik Atom Alpha yang merupakan hasil rancangan anak bangsa pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar pada 11-21 November 2021 bertempat di Indonesia Convention Expo (ICE) BSD, Tangerang.

Motor pertama Quest Motors yaitu Atom Alpha didesain dengan prinsip good design, simplicity dan fungsional sehingga dapat digunakan untuk gaya hidup, sehari-hari dan bahkan untuk keperluan industri serta pariwisata.

”Bentuknya yang kecil juga mudah digunakan dan cocok tidak hanya bagi pria tapi juga wanita,” ujar Founder Quest Motors Niko Questera yang merupakan bekas engineer di Tesla Motors serta American Honda Motor Co di Amerika Serikat.

Seluruh desain dan R&D motor dikerjakan secara internal di Indonesia oleh tim Quest Motors. Sebelum diluncurkan, Atom Alpha telah melalui pengetesan di berbagai jenis jalan serta kondisi. ”Selain itu seluruh kendaraan Quest Motors memiliki keamanan data yang dijamin sesuai standar GDPR Eropa,” tambah Niko.

Atom Alpha memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding motor pada umumnya. Sumber penggerak Atom Alpha adalah motor type hub dengan tenaga rated 1 kW. Motor type hub ini sekaligus menjadi velg belakang ini juga menjadi tempat rem tromol. Sementara pada bagian depan terdapat rem cakram dengan ban 10 inci.

Baterai Atom Alpha menggunakan jenis lithium cells berbentuk silinder tipe 21700. Pembuatan battery pack dilakukan secara in house oleh tim Quest Motors di Bandung. Baterai motor diintegrasikan dengan Battery Management System (BMS) yang didesain khusus untuk Atom Alpha. Melalui BMS khusus ini, konsumsi listrik bisa terjadi secara efektif dan aman.

Atom Alpha ditawarkan dalam tiga model yaitu LITE untuk penggunaan jarak dekat dengan ukuran baterai 240 Wh yang memiliki jarak hingga 8 km. Model ini dilengkapi dengan charger berdaya 110 W yang mampu mengisi baterai motor dari kosong hingga penuh dalam waktu kurang lebih 2 jam saja.

Selanjutnya terdapat model PLAY dengan baterai yang lebih besar yaitu 480 Wh sehingga memiliki jarak tempuh yang lebih jauh yaitu 16 km. Varian ini juga mendapatkan charger yang lebih besar yaitu 220 W sehingga charging hanya membutuhkan waktu 2,5 jam saja.

Terakhir terdapat PRO dengan pilihan baterai terbesar yaitu 720 Wh dengan jarak tempuh maksimal 24 km. Mengusung ukuran charger yang sama dengan tipe PLAY, model ini mampu mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu 3,5 jam.

Atom Alpha dibanderol dengan harga mulai dari Rp 12,9 juta untuk versi LITE, Rp 14,9 juta untuk PLAY dan terakhir Rp 16,9 juta untuk PRO. Harga sudah termasuk garansi frame selama 3 tahun serta elektronik selama 1 tahun.


Motor Listrik Buatan Anak Negeri Mantan Engineer Tesla ada di GIIAS