Polri: Teroris JI Lampung Berencana Tanam Kurma 4 Hektar

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Polri: Teroris JI Lampung Berencana Tanam Kurma 4 Hektar


JawaPos.com – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri masih mengembangkan penangakapan teroris di Lampung. Kelompok Jamaah Islamiyah (JI) ini berencana menanam pohon kurma seluas 4 hektare di Tanah Jawa Gunung Megang, Kecamatan Pulopanggung, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

“Pendalaman terhadap Ir. Suprihadi, didapatkan pada saat munas LAZ ABA 2019 disampaikan sosialisasi program LAZ ABA, di antaranya terkait pemberdayaan perkebunan kurma,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Sabtu (13/11).

Ramadhan mengatakan, sejauh ini penanaman pohon kurma itu baru sebatas membuat lubang. Adapun lahan yang digunakan berasal dari tanah wakaf.

Dengan rincian 2 hektar wakaf dari Subiyanto dan 2 hektar lainnya dibeli oleh Lembaga Amil Zakat Abdurrahman Bin Auf (LAZ ABA) dari Subiyanto seharga Rp 400 juta. Namun, pembayaran masih kurang Rp 175 juta.

“(Tanah itu) dikelola bukan perusahaan resmi dan tidak berbadan hukum,” jelas Ramadhan.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri membongkar yayasan amal Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) di Lampung yang diduga menjadi pendana kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI). Dalam kasus ini, polisi menangkap 3 tersangka, yakni S, 61; SU, 59; dan DRS, 47. Lalu dikembangkan lagi menjadi 8 orang yang ditangkap.

Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Aswin Siregar mengatakan, yayasan ini biasa mengumpulkan uang dengan modus kotak amal. Hasilnya pun tak main-main, dalam sebulan bisa mencapai Rp 70 juta.

“Setiap bulan rata-rata untuk BM ABA Lampung berhasil menghimpun dana sebesar 70 juta per bulan,” ujar Aswin saat dihubungi, Kamis (4/11).

Densus mencatat lebih dari 2 ribu kotak amal disebar yayasan LAZ BM ABA. Sejauh ini sudah 780 yang disita Densus. Kotak amal ini disembunyikan usai ketua yayasan ditangkap di Jakarta tahun lalu.


Polri: Teroris JI Lampung Berencana Tanam Kurma 4 Hektar