Video Anies Naik Moge Terjadi 2018, Tak Terkait Sirkuit Mandalika

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Video Anies Naik Moge Terjadi 2018, Tak Terkait Sirkuit Mandalika


PERESMIAN Sirkuit Mandalika oleh Presiden Joko Widodo disandingkan dengan kabar palsu tentang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kabar palsu itu menyebut Anies menguji coba sirkuit di Monumen Nasional (Monas) dan membandingkannya dengan Jokowi.

”Anies juga ga kalah Tes Drive sirkuit Monas.” Begitu keterangan dalam video yang diunggah akun Facebook Pamela Safitri. ”Gott bener Ga Mau Kalah dengan Presiden Joko Widodo !! Pasang aksi Berlaga Prof Naek Moge. Boro Boro bisa finish Jajal Lintasan Tempat Suci Kaumya disepanjang jalan bundaran Monas.” Begitu keterangannya pada 13 November 2021.

Netizen yang tak cermat bisa jadi langsung menyebarkan informasi ke berbagai grup. Misalnya, akun Facebook Sahid pada Senin, 15 November 2021. ”Si bengek tidak mau kalah dg jokowi,” ujarnya sembari membagikan video itu di sebuah grup (bit.ly/JajalSirkuitMonas).

Video 14 detik itu memang memperlihatkan Anies tengah menjajal kendaraan besar atau moge. Menggunakan baju dinas perhubungan dan tanpa menggunakan masker. Tentu, situasi tersebut tak berkaitan dengan Presiden Jokowi yang menjajal Sirkuit Internasional Mandalika pada Jumat, 12 November 2021.

Saat ditelusuri, rupanya video tersebut menyebar sejak 2018. Saat itu Anies tengah menjajal Kawasaki K 1600 B dengan kapasitas mesin 1.600 cc milik Dishub DKI Jakarta. Nah, momen itu saat Anies menjadi pembina apel kesiapan sarana dan prasarana transportasi Dinas Perhubungan DKI Jakarta dalam rangka mendukung Asian Games di Monas, Jakarta Pusat, pada 8 September 2018.

Penjelasan itu mempertegas bahwa Anies tidak menjajal sirkuit Formula E yang melintasi Monumen Nasional. Sempat terjadi insiden dalam percobaan armada itu. Orang nomor satu di DKI tersebut sempat terjatuh. Anda dapat melihat video asli itu di kanal milik Tribunnews bit.ly/PersiapanAsianGames.

Penjelasan itu tentu mematahkan narasi akun Facebook Pamela Safitri. Video yang dia unggah tak berkaitan dengan percobaan Sirkuit Mandalika, NTB, yang baru beberapa hari dijajal Presiden Joko Widodo. Satu hal lagi bukti bahwa mudah percaya dengan informasi yang belum jelas sumbernya bisa tergelincir menyebarkan hoax.

FAKTA

Video Anies Baswedan mengendarai moge dinas perhubungan terjadi pada 2018. Tak ada kaitan dengan uji coba Sirkuit Mandalika yang dilakukan Presiden Jokowi pekan lalu.


Video Anies Naik Moge Terjadi 2018, Tak Terkait Sirkuit Mandalika