Waspada 3 Faktor Penentu Penularan Covid-19, Cegah dengan Prokes

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Waspada 3 Faktor Penentu Penularan Covid-19, Cegah dengan Prokes


JawaPos.com – Seseorang bisa tertular Covid-19 karena ada beberapa faktor mendukung. Akan tetapi, penularan tak akan terjadi jika kita mematuhi protokol kesehatan.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan ada 3 faktor penentu penularan yaitu agen, host, dan lingkungan yang mempengaruhi. Faktor pertama agen. Yaitu mikroba penyebab penyakit yaitu virus SARS-CoV-2. Karakteristiknya dipengaruhi laju penularan, maupun kemampuannya menimbulkan penyakit dipengaruhi oleh masing-masing strain.

“Sebagai contoh, karakteristik varian delta yang menyebabkan lonjakan kasus di Indonesia pada Juli lalu dalam waktu yang singkat. Diakibatkan kemampuan penularannya tinggi,” katanya dalam keterangan virtual baru-baru ini.

Faktor kedua yakni host atau inang. Yaitu organisme yang terserang virus Covid-19. Sejauh ini, Covid-19 ditemukan pada hewan dan manusia. Khusus manusia, penularannya terjadi dari manusia ke manusia melalui droplet.

“Sebagai tambahan kecenderungan penderita terinfeksi dan berkembangnya keparahan gejala dapat dipengaruhi dari imunitas spesifik tubuh, umur, dan riwayat penyakit,” katanya.

Faktor ketiga yakni environment atau lingkungan. Yaitu faktor eksternal yang dapat meningkatkan penularan seperti laju kasus yang ada, kepadatan penduduk, kebijakan pemerintah, mobilitas dan aktivitas masyarakat.

“Dapat kita simpulkan bahwa penularan COVID-19 pada populasi tergantung pada banyaknya interaksi antara agen, inang, dan kondisi lingkungan,” jelasnya.

Menurut Prof Wiku, pemerintah telah melakukan antisipasi terhadap setiap faktor penularan Covid-19 dengan menyusun berbagai kebijakan yang bertujuan mengurangi peluang penularan sebesar-besarnya. Seperti program percepatan vaksinasi, penerapan PPKM yang melingkupi penegakan protokol kesehatan dan upaya 3T.

“Terakhir saya ingin mengingatkan kesediaan masyarakat, untuk menjalankan upaya pengendalian Covid-19 yang ada secara patuh dan bertanggung jawab. Karena pada prinsipnya untuk kemaslahatan bersama. Ditemukannya adanya pelanggaran beberapa kebijakan terkait seharusnya menjadi refleksi bersama baik bagi pemerintah maupun masyarakat,” katanya.

“Untuk sama-sama mengevaluasi sejauh mana kita mampu menjalankan upaya bela negara dalam rangka Indonesia menuju endemi Covid-19,” tandas Prof Wiku.


Waspada 3 Faktor Penentu Penularan Covid-19, Cegah dengan Prokes