Hati-hati, Prediabetes Tak Bergejala Tapi Gula Darahnya di Atas Normal

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hati-hati, Prediabetes Tak Bergejala Tapi Gula Darahnya di Atas Normal


JawaPos.com – Gaya hidup seseorang yang kurang aktif bergerak tapi banyak makan dan minum tinggi gula, garam, dan lemak, membuatnya rentan terancam penyakit. Kondisi paling rentan yang dihadapi adalah status prediabetes atau menuju diabetes tipe 2.

Dokter Endokrin dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI/RSCM) Dr.dr.Budiman Darmowidjojo, SpPD-KEMD (K) menjelaskan, gaya hidup kurang sehat bisa membuat seseorang kegemukan. Kalori yang masuk jauh lebih besar daripada yang keluar.

“Diam saja, jadilah dia gemuk. Kondisi ini memicu prediabetes. Kegemukan itulah memicu terjadinya diabetes, diabetes timbul di usia muda. Usia muda umur 26 sudah diabetes tipe 2,” kata dr. Budiman kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Bahayanya lagi, prediabetes biasanya belum ada gejala khas seperti yang dialami pasien diabetes yakni cepat haus, cepat lapar, dan banyak buang air kecil. Gula darah juga tidak terlalu tinggi.

“Kalau ada sudah ada gejala biasanya sudah diabetes. Benar ada orang yang tidak sadar bahwa dirinya sudah diabetes karena tidak aware dengan penyakitnya,” jelasnya.

Maka seseorang harus hati-hati jika gula darahnya sudah di atas normal. Orang yang prediabetes memiliki kadar gula darah puasa 100-125 mg/dl. Atau gula darah sewaktu usai makan 144-199 mg/dl. Atau pada pemeriksan HbA1C, antara 5,7-6,4.

“Prediabetes dibagi 2, yaitu gula darah puasa terganggu dan toleransi glukosa terganggu. Sebetulnya untuk prediabetes dengan diet dan olahraga saja sudah cukup, tak perlu dengan obat. Kunci orang sehat itu adalah diet dan olahraga sudah mutlak,” katanya.

“Sebab seperti orang stroke, selesai stroke itu kan pasti harus rehabilitasi medik. Dia diolahragakan tapi pasif. Nah mengapa kita tidak mencegahnya sebelum seperti itu. Olahraga selagi sehat,” ungkapnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 


Hati-hati, Prediabetes Tak Bergejala Tapi Gula Darahnya di Atas Normal