Kemendikbud Ajak Siswa SMP Jadi Pengguna Medsos yang Bijak

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kemendikbud Ajak Siswa SMP Jadi Pengguna Medsos yang Bijak


JawaPos.com – Dalam HUT RI ke-75 tahun, Kementerian Pendidikan mengajak peserta didik, khususnya jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi komunikator penggunaan platform digital dengan bijak. Sebab saat ini tak semua informasi yang beredar bisa dipertanggungjawabkan.

Untuk itu, Direktur SMP Kemendikbud, Mulyatsyah pun menekankan agar para siswa mampu berkomunikasi efektif dan bertanggung jawab dengan menerapkan komunikasi melalui prinsip 3 M. Yaitu mendengar, menganalisa, dan menyampaikan secara efektif.

“Saat kita berkomunikasi penting untuk memahami bagaimana kita bisa mendengar, mengamati (menganalisa) dan menyampaikan pesan dengan bijak,” tuturnya dalam siaran pers, Senin (17/8).

Sehingga, ungkap Mulyatsyah, sebelum disebarluaskan, peserta didik harus mencermati informasi yang diterima lewat media sosial. Sebab, masih banyak orang yang asal posting di media sosial namun informasi tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Setidaknya, dengan bersikap cermat, para peserta didik membantu menghalau atau mengentikan informasi yang tidak benar tersebar di masyarakat. Sehingga informasi yang disampaikan hanya yang memiliki nilai.

“Jangan sampai pesan yang kita sampaikan menjadi tidak bernilai karena penyampaiannya yang tidak efektif,” tambah dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

 


Kemendikbud Ajak Siswa SMP Jadi Pengguna Medsos yang Bijak