Kementerian Pariwisata Dorong Kebangkitan Pariwisata Daerah

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Kementerian Pariwisata Dorong Kebangkitan Pariwisata Daerah


JawaPos.com–Gerakan kebangkitan destinasi wisata menjadi salah satu upaya mengembangkan kembali potensi pariwisata termasuk di daerah. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif siap memberikan dukungan kepada daerah-daerah yang memiliki komitmen untuk memajukan potensi pariwisata.

Direktur Destinasi Regional II Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Wawan Gunawan menjelaskan, Kemenparekraf memberikan pendampingan kepada masyarakat, mempersiapkan destinasi wisata di tengah pandemi Covid-19agar para wisatawan merasa aman dari berbagai kekhawatiran penyebaran Covid-19.

”Kami siap mendukung daerah-daerah memajukan potensi pariwisata serta menciptakan ruang kreatif kepada masyarakat sehingga dengan adanya destinasi ini masyarakat sekitar bisa sejahtera,” kata Wawan seperti dilansir dari Antara di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Dalam kunjungan kerja ke Desa Pilang Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau, Wawan juga memberikan apresiasi kepada kabupaten setempat yang mulai membangkitkan destinasi wisata di Desa Pilang yang memiliki wilayah konservasi orangutan. Pemerintah kabupaten diharapkan bisa berjalan sinergis bersama masyarakat setempat untuk menjadikan desa tersebut menjadi salah satu desa tujuan wisata.

Dalam pengembangan destinasi wisata, menurut Wawan, salah satu yang utama dalam membangun travel system atau jalur wisata dengan mempertimbangkan setiap jalur wisata memiliki nilai budaya, nilai kreatif, nilai ekonomi, kearifan lokal, hingga memiliki komitmen yang berkelanjutan.

”Sekarang bukan hanya sebatas seremoni saja tetapi juga bagaimana semua memiliki komitmen yang sama dan berkelanjutan sehingga bisa mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif dari masyarakat setempat,” jelas Wawan.

Dia juga meminta dalam pengembangan destinasi wisata semua harus bergerak. Setiap pejabat daerah dan masyarakat adalah pelaku dan pemandu wisata. Orang yang datang ke destinasi wisatawan adalah wisatawan selaku promotor yang ikut dalam mempromosikan pariwisata setempat.

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo menyampaikan, selama pandemi Covid-19 sektor pariwisata lesu. Diharapkan dengan pendampingan dari Kementerian Pariwisata bisa bangkit karena kabupaten setempat banyak memiliki potensi wisata.

”Sektor pariwisata memiliki nilai yang luar biasa jika dikelola dengan baik dengan menggerakkan semua sumber daya yang ada,” ucap Edy Pratowo.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 


Kementerian Pariwisata Dorong Kebangkitan Pariwisata Daerah