Pendaftar Membludak, Prodi Pendidikan Dokter Masih Menjadi Favorit

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Pendaftar Membludak, Prodi Pendidikan Dokter Masih Menjadi Favorit


JawaPos.com – Calon mahasiswa yang tidak diterima dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 mengalihkan pilihannya untuk belajar ke kampus swasta. Ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pendaftar di perguruan tinggi swasta (PTS) dibanyak tempat. Seperti yang terjadi di Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. Sejak minggu lalu, antrian pendaftar yang ingin masuk kampus yang berada di Jalan Sutorejo 59 cukup banyak. Mereka rata-rata adalah calon mahasiswa yang gagal lolos di jalur SBMPTN.

Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) UM Surabaya Radius Setiyawan mengungkapkan setelah pengumuman jalur SBMPTN, jumlah pendaftar semakin tinggi. Hal tersebut membuat layanan penerimaan calon mahasiswa baru dalam 1 bulan kedepan akan buka setiap hari. Dari pukul 09.00 pagi sampai 15.00 sore. Pendaftaran bisa dilakukan dari rumah maupun langsung datang ke kampus.

“Terhitung dari minggu lalu setelah pengumuman SBMPTN terjadi peningkatan pendaftar 5 kali lipat. Meskipun begitu, kami akan tetap membuka pendaftaran sampai akhir September 2020 dan tentunya tidak berlaku untuk semua program studi (prodi). Ada beberapa prodi yang kami prediksi bakal tutup lebih cepat mengingat animo pendaftar yang begitu tinggi dan terbatasnya kuota yang kami sediakan. Salah satunya prodi S1 pendidikan dokter yang pada 31 Agustus nanti akan menjadi batas waktu pendaftaran terakhir” tutur Radius.

Radius menambahkan terkait beberapa program studi yang diprediksi kuotanya akan terpenuhi lebih dulu sebelum batas waktu yang ditentukan adalah prodi S1 Pendidikan Dokter, D3 Teknik Laboratorium Medik, S1 Keperawatan, S1 Psikologi, S1 Farmasi, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Manajemen. Prodi-prodi tersebut sebelum akhir September sangat mungkin kuotanya akan terpenuhi.

CALON MAHASISWA BARU: Sejumlah calon mahasiswa terlihat tengah mengantri untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surabaya. (Istimewa)

Selain jumlah pendaftar yang meningkat, UM Surabaya juga menambah kuota program unggulan yang bisa diakses oleh calon mahasiswa.

Junaidi Fery Efendi, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni (BAKA) menjelaskan tentang tambahan kuota program unggulan beasiswa yang ada. Beberapa program tersebut diantaranya: program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), beasiswa atlit, beasiswa warga terdampak covid-19, beasiswa influencer, jalur nilai UTBK dan program untuk warga sekitar kampus.

“Tahun ini ada tambahan kuota yang cukup signifikan untuk program-program unggulan tersebut. Hal tersebut dilakukan karena adanya peningkatan animo dan kepedulian kampus pada kondisi ekonomi sosial masyarakat di tengah pandemi begini ” tutur Junaidi.

Keterangan lebih lanjut terkait program unggulan yang dimiliki UMSurabaya bisa berkonsultasi di nomer 085852446337 (WA/Telepon). (Bud)


Pendaftar Membludak, Prodi Pendidikan Dokter Masih Menjadi Favorit