Tempuh 1.945 Km, Abu Daud Galang Dana Untuk Tenaga Medis Perangi Covid

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tempuh 1.945 Km, Abu Daud Galang Dana Untuk Tenaga Medis Perangi Covid


JawaPos.com – Panas terik dan hujan tidak menyurutkan semangat Muhammad Abu Dawud mengayuh sepeda lintas provinsi di hari kemerdekaan. Tekad untuk gowes sejauh 1.945 kilometer dilakukan demi tujuan mulia kemanusiaan. Seperti apa perjuangan dia?

RAGIL LISTIYO, Solo, Radar Solo

Di ujung telepon terdengar suara seorang pria tengah mengatur napas. Dia mengaku masih melanjutkan bersepeda untuk mengelilingi beberapa provinsi. Setidaknya 17 kabupaten dan delapan provinsi akan ditempuh.

“Saya sengaja memilih angka 17, 8, dan 1.945 untuk melambangkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, saya juga menggalang donasi bagi tenaga medis yang tengah berjuang menghadapi pandemi Covid-19 dengan bersepeda sejauh 1.945 km,” ungkap Abu Dawud yang kemarin mengaku sampai Kabupaten Banjar, Jawa Barat.

Pria yang juga dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) ini mendapat julukan mad click. Pada perayaan hari kemerdekaan ini dia sengaja gowes ke beberapa provinsi untuk menggalang dana dan berbagi di masa pandemi Covid-19. Dia juga ingin menuntaskan Solo riding bertemakan #1945kmUntukIndonesia.

“Saya mengirim beberapa proposal donasi ke donatur. Dan uangnya akan saya berikan untuk membantu tenaga medis yang berjuang melawan Covid-19,” katanya.

Dawud mengaku teknik pengumpulan donasi ada beberapa cara. Salah satunya dengan penjualan apparel. Dan sebagian keuntungan dari penjualan itu akan didonasikan. Selain itu, Dawud juga mengumpulkan donasi murni dari masyarakat umum. Di mana Dawud telah menyiapkan rekening khusus donasi dan melalui corporate social responsibility (CSR).

“CSR merupakan donasi dari sponsor sebagai dukungan untuk kegiatan #1945kmUntukIndonesia. Yang juga akan dimasukkan ke dalam donasi,” katanya.

Daud memang menggemari olahraga sepeda. Dia juga gemar mengikuti berbagai event bersepeda. Seperti Finisher Audax Randonneurs Indonesia 600 km di bawah Cut Off Time pada 2018 di Solo. Dan peringkat 11 dunia event virtual Rapha Festive dengan capaian 1.616 km selama delapan hari dari 90.734 peserta dari seluruh dunia pada 2018.

“Semoga lewat kegemaran saya ini bisa menginspirasi masyarakat untuk selalu membantu sesama di masa pandemi ini. Karena banyak yang masih membutuhkan uluran tangan kita,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:


Tempuh 1.945 Km, Abu Daud Galang Dana Untuk Tenaga Medis Perangi Covid