TNI-Polri Lakukan Patroli di Gunung Sinabung

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

TNI-Polri Lakukan Patroli di Gunung Sinabung


JawaPos.com–Personel TNI-Polri melakukan patroli keamanan di wilayah Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Patroli itu dilakukan agar masyarakat dan petani tidak memasuki kawasan zona merah pasca erupsi Guung Sinabung.
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo Natanail Perangin-angin mengatakan,
selama dua hari ini, petugas TNI-Polri terus melakukan patroli untuk mencegah warga maupun petani agar tidak memasuki ke kawasan terlarang (zona merah). Pemkab Karo selama ini melarang warga/petani mengolah kebun mereka di bawah kaki Gunung Sinabung.
”Karena hal itu sangat berbahaya dan dapat mengancam keselamatan warga, jika terjadi erupsi Gunung Sinabung tersebut,” ujar Natanail seperti dilansir dari Antara.

Natanail mengatakan, patroli yang dilakukan itu, untuk mengantisipasi agat tidak terjadinya korban jiwa akibat erupsi Gunung Sinabung. ”Patroli keamanan itu dilakukan personel kodim, polres, polsek, koramil, BPBD dan aparat desa di Kabupaten Karo,” kata Natanail.

Saat ini, Gunung Sinabung berada pada status level III (siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta lokasi di dalam radius 3 km dari Puncak Gunung Sinabung. Kemudian radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Sebelumnya, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi pada Sabtu (8/8) pukul 01.58 WIB. Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak (lebih kurang lebih 4.460 meter di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur. Erupsi itu terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 1 jam 44 detik.

Empat kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terkena dampak erupsi Gunung Sinabung yang menyemburkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter. Wilayah yang terdampak abu vulkanik Gunung Sinabung yakni Kecamatan Naman Teran, Berastagi, Simpang Empat, dan Kecamatan Merdeka.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 


TNI-Polri Lakukan Patroli di Gunung Sinabung