Tim Kementerian PUPR Pelajari Detail Pembangunan Banyuwangi

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tim Kementerian PUPR Pelajari Detail Pembangunan Banyuwangi


JawaPos.com–Tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) meninjau Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk mempelajari lebih detail rencana pembangunan sejumlah infrastruktur di daerah tersebut. Pembangunan itu sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi daerah setelah pandemi Covid-19.

”Kami ke Banyuwangi untuk menindaklanjuti hasil rapat koordinasi bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan beberapa waktu lalu. Kami ingin mendetailkan titik-titik yang menjadi target pengembangan beserta item apa saja yang bisa kami bantu,” kata Direktur Pengembangan Kawasan Permukiman Kementerian PUPR Didiet Arief Akhdiyat seperti dilansir dari Antara di Banyuwangi.

Dia menjelaskan, selama tiga hari, tim dari Kemeterian PUPR meninjau sejumlah lokasi untuk pembangunan dan pelebaran jalan, jembatan, maupun infrastruktur pendukung pariwisata. Sejumlah lokasi yang ditinjau itu, di antaranya Alas Purwo (taman nasional) yang di dalamnya terdapat Pantai Plengkung yang biasa disebut G-Land oleh para peselancar. Pantai itu telah ditunjuk sebagai tuan rumah ajang selancar dunia (World Surf League) yang rencananya digelar pada Juni 2021.

Selain Taman Nasional Alas Purwo, tim Kementerian PUPR juga meninjau Pantai Pulau Merah, Agrowisata Tamansuruh hingga Taman Wisata Alam Kawah Ijen. ”Kami keliling ingin mendetailkan kebutuhan yang sifatnya penting dari semua pekerjaan yang akan kami lakukan dan juga menentukan bersama target serta prioritas apa saja yang akan dikerjakan dan berapa lama bisa diselesaikan,” ujar Didiet Arief Akhdiyat.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi secara virtual yang dipimpin Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan diikuti sejumlah menteri, diputuskan pemerintah pusat akan menggenjot kebijakan percepatan pengembangan sejumlah kawasan di Banyuwangi, mulai infrastruktur jalan, transportasi udara hingga pariwisata yang berpadu dengan UMKM dan sektor pertanian. Percepatan itu, antara lain pengembangan untuk kenyamanan pengunjung di sejumlah objek wisata di Banyuwangi, percepatan penyelesaian pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS menghubungkan Banyuwangi–Jember), terminal terpadu dan berbagai infrastruktur lain, bahkan juga pembukaan kembali penerbangan Banyuwangi–Bali.

Bupati Abdullah Azwar Anas menyampaikan, dengan percepatan pekerjaan yang dilakukan Kementerian PUPR akan mempercepat pemulihan Banyuwangi sebagai salah satu sentra perekonomian di wilayah timur Pulau Jawa. ”Dukungan ini menyemangati daerah untuk terus berbenah. Apa-apa yang tidak bisa dilakukan daerah karena keterbatasan wewenang dan dana, pusat dan provinsi langsung sigap membantu,” kata Abdullah Azwar Anas.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 


Tim Kementerian PUPR Pelajari Detail Pembangunan Banyuwangi