Arus Lalu Lintas Kediri–Trenggalek Dialihkan akibat Jembatan Ambles

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Arus Lalu Lintas Kediri–Trenggalek Dialihkan akibat Jembatan Ambles


JawaPos.com–Arus lalu lintas dari Kediri menuju Trenggalek via Tulungagung atau sebaliknya, sementara waktu dialihkan. Sebab, jembatan penghubung di Desa Boro, Tulungagung, ambles sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bertonase besar.

”Kerusakan cukup parah sehingga arus lalu lintas, terutama kendaraan besar sementara dialihkan,” kata Kasatlantas Polres Tulungagung AKP Aristianto Budi Sutrisno seperti dilansir dari Antara di Tulungagung.

Menurut Aristianto, pengalihan arus berlaku untuk kendaraan roda empat atau di atasnya. Sedangkan kendaraan kecil seperti motor dan sepeda masih bisa melintas namun tetap diimbau untuk berhati-hati.

Jembatan yang ambles itu memiliki konstruksi baja dengan bentang sekitar 40 meter. Lokasinya berada di jalur lingkar Kota Tulungagung. Akses ini kerap menjadi jalur utama kendaraan besar, baik yang dari arah Kediri menuju Trenggalek ataupun sebaliknya dari Trenggalek menuju Kediri atau Blitar.

”Arus kendaraan dari Kediri atau Blitar sekarang, kami arahkan untuk melewati jalur Kota Tulungagung yang memang menjadi jalan utama. Sementara yang dari Trenggalek ke Kediri atau Blitar bisa melewati perempatan Cuwiri belok kanan arah Pasar Ngemplak hingga perempatan RSU lama,” kata Aristianto.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung Laeli Rahmawati menyatakan, amblesnya jembatan itu sudah dilaporkan ke Plt Kepala Dinas PUPR Tulungagung serta ke bappeda dan dinas terkait. ”Sementara, jembatan kami beri rambu. Hanya dapat dilintasi kendaraan roda dua,” kata Laeli.

Laeli melanjutkan, detail engineering design (DED) untuk pemeliharaan lantai jembatan tersebut sudah direncanakan. Bahkan, perencanaan itu sudah diusulkan dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) 2020. Namun karena keterbatasan anggaran, rencana perbaikan belum dapat terealisasikan.

”Sudah kami usulkan perencanaan pemeliharaan lantai jembatan. Menyusul amblesnya jembatan pada tiga bulan lalu yang sebenarnya sudah kami tambal,” terang Laeli.

Saksikan video menarik berikut ini:


Arus Lalu Lintas Kediri–Trenggalek Dialihkan akibat Jembatan Ambles