BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat Sebagian Wilayah Jatim

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat Sebagian Wilayah Jatim


JawaPos.com–Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai petir di sebagian wilayah kabupaten/kota di Jawa Timur.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto seperti dilansir dari Antara mengatakan, selama tiga hari ke depan sebagian wilayah di Jawa Timur berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang. ”Masyarakat diminta untuk lebih waspada terkait dengan prediksi tersebut,” ujar Teguh Tri Susanto.

Berdasar data, lanjut dia, prediksi hujan disertai dengan angin kencang tersebut terjadi hampir merata sejak pagi hingga malam hari.

”Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Banyuwangi, dan Sumenep,” terang Teguh Tri Susanto.

Kemudian, menurut dia, pada siang sampai sore hari diprediksikan terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo. ”Dan malam hari di wilayah Bondowoso, Situbondo, Pamekasan dan Sumenep,” tutur Teguh Tri Susanto.

Untuk suhu udara di wilayah Jawa Timur rata-rata berkisar antara 14 sampai dengan 33 derajat Celcius dan kelembaban udara berkisar antara 65 sampai dengan 100 persen. ”Untuk angin dominan dari barat daya–barat dengan kecepatan 0,5–30 kilometer per jam,” kata Teguh Tri Susanto.

Sementara itu, untuk kondisi gelombang laut berdasar data, ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,3–0,5 meter, di Laut Jawa bagian timur antara 0,5–1,75 meter, sedangkan di Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1,5–4,0 meter.

Saksikan video menarik berikut ini:


BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat Sebagian Wilayah Jatim