Tulungagung Bersiaga Hadapi Serangan Wabah Covid-19 Gelombang Dua

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Tulungagung Bersiaga Hadapi Serangan Wabah Covid-19 Gelombang Dua


JawaPos.com–Pemerintah Kabupaten Tulungagung memberlakukan kesiagaan penuh terhadap tren peningkatan kasus yang diindikasikan sebagai serangan wabah Covid-19 gelombang dua, selama 1–2 pekan terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung Kasil Rokhmat seperti dilansir dari Antara mengatakan, daerahnya saat ini berstatus zona oranye yang berarti berisiko sedang.

”Perubahan ini karena adanya peningkatan kasus secara signifikan di Tulungagung dalam seminggu terakhir,” kata Kasil di Tulungagung.

Kasil menjelaskan, dengan menjadi zona oranye, rasio penularan Covid-19 sudah lebih dari 1,5 atau satu orang sudah menularkan ke lebih satu orang lainnya. ”Total dari 15 indikator itu, kurang dari 2,5, kalau di bawah (angka) 2 (zona) merah,” ujar Kasil.

Indikator yang dimaksud antara lain jumlah kematian pasien Covid-19, rasio penularan, jumlah kasus, jumlah pasien yang dirawat, sediaan sarana kesehatan, jumlah yang jalani tes usap, jumlah positif dari tes usap, dan beberapa indikator lain.

Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 menargetkan dalam kurun dua pekan, Tulungagung bisa menjadi zona kuning lagi. Untuk itu, pihaknya meminta dukungan dari berbagai pihak untuk mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan.

Dari data per Selasa (1/12) jumlah pasien positif Covid-19 di Tulungagung mengalami penambahan enam orang dan tiga pasien sembuh. Dengan penambahan itu, total kasus Covid-19 sebanyak 674 orang dengan 523 sembuh. Sebanyak 55 orang dirawat, dikarantina 24 dan 65 orang diisolasi, serta tujuh orang meninggal dunia.

Saksikan video menarik berikut ini:


Tulungagung Bersiaga Hadapi Serangan Wabah Covid-19 Gelombang Dua