Latar Belakang Menkes Budi Sadikin Jadi Sorotan PKS

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Latar Belakang Menkes Budi Sadikin Jadi Sorotan PKS


JawaPos.com – Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetyani mengatakan, penunjukan Budi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto cukup mengundang perhatian. Pasalnya, ini adalah kali peretama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dipimpin oleh orang yang bukan berlatar belakang kesehatan atau dokter. Budi Sadikin lebih dikenal sebagai seorang bankir dan pengusaha.

“Reshuffle adalah hak prerogatif Presiden, namun penempatan SDM perlu mempertimbangkan kesesuaian dan kebutuhan. Dan yang terpenting adalah mampu meningkatkan kinerja Pemerintah dalam menghadapi pandemi,” ujar Netty kepada wartawan, Kamis (24/12).

Oleh karena itu, Netty mengaki tidak berani memprediksi apakah pergantian ini akan membuat Kemenkes memiliki kewenangan penuh menjadi leading sector penanganan pandemi Covid-19, membawa Indonesia lepas dari pandemi. Atau malah membuat sistem kesehatan kita makin parah karena ditangani oleh yang bukan ahlinya.

Baca Juga: Terawan Diganti Budi, Dekan FK UI: Dunia Kesehatan Butuh Sosok CEO

Hingga hari ini Indonesia masih berperang melawan pandemi Covid-19 yang angka kasusnya makin tinggi, tingkat penularannya makin luas dan belum ada kepastian tentang vaksin yang dianggap sebagai game changer.

“Kita butuh sosok menteri kesehatan yang memahami pandemi Covid-19 sebagai persoalan berbasis kesehatan, bukan hanya dipandang dari kacamata ekonomi dan moneter. Selesaikan dulu basis persoalan kesehatannya baru pemulihan ekonomi,” katanya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga mempertanyakan apakah penempatan Budi Sadikin mampu menjawab kegelisahan publik seperti tentang kapan pandemi berakhir. Apakah vaksin yang didatangkan aman dan ampuh.

Lalu, kenapa rapid test antigen jadi syarat perjalanan. Amankah sekolah dibuka saat ini. Termasuk kenapa Indonesia belum mampu memproduksi sendiri vaksin dan menemukan obat Covid-19. Itu masih menjadi tanda tanya besar.

“Pergantian menkes telah diputuskan oleh presiden. Saatnya kita melihat, perbaikan apa yang akan terjadi dalam sistem kesehatan kita. Selamat bekerja, Pak Budi. Pastikan rakyat Indonesia mendapatkan hak kesehatannya dengan baik,” ungkapnya.


Latar Belakang Menkes Budi Sadikin Jadi Sorotan PKS