Selain 3M, Menghindari Kerumunan Efektif Cegah Penularan Covid-19

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Selain 3M, Menghindari Kerumunan Efektif Cegah Penularan Covid-19


JawaPos.com – Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru masyarakat diminta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Utamanya menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer.

Bahkan menurut dokter Ivan Adrian, masyarakat bukan hanya harus menerapkan 3M, tapi juga 4M dengan menghindari kerumunan. Karena menghindari kerumunan bisa mencegah penularan Covid-19.

“Kalau kami di lapangan menambah satu lagi 4M yaitu menghindari kerumunan. Kalau kita tidak sadar melakukannya, akibatnya tidak terjadi perubahan perilaku,” kata Ivan dalam siaran BNPB bertajuk Menerapkan Protokol Kesehatan Menjelang Liburan Akhir Tahun, Selasa (15/12).

Ivan meminta masyarakat untuk sadar melakukan perubahan perilaku dengan menerapkan protokol kesehatan. Dia menyebut, memakai masker bertujuan untuk melindungi diri dari droplet yang menjadi media penularan virus.

Ivan tak memungkiri, saat berada di luar rumah seringkali antara orang yang terinfeksi Covid-19 namun tidak bergejala dan tidak menyadarinya, kemudian diperparah dengan tidak memakai masker. Sehingga berinteraksi dengan orang-orang yang sehat.

“Akibatnya orang yang terinfeksi virus ini kemudian menularkannya dan orang-orang menjadi tertular. Artinya jika tidak memakai masker, tidak ada perlindungan untuk menghindari virus ini,” cetus Ivan.

Dia pun mengharapkan agar penggunaan masker dilakukan dengan benar hingga menutup hidung dan mulut, bukan hanya dagu. Selain itu, masyarakat juga harus sering mencuci tangan terutama setelah memegang benda, karena virus bisa menempel di benda-benda yang kemudian dipegang tangan.

“Contohnya gagang pintu di mal, hotel, pegangan di taksi (yang disentuh banyak orang). Makanya mencuci tangan dengan sabun supaya virus ini hilang,” pinta Ivan.

Saksikan video menarik berikut ini:


Selain 3M, Menghindari Kerumunan Efektif Cegah Penularan Covid-19