30 ETLE Mobile Resmi Dioperasikan Polda Metro Jaya

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

30 ETLE Mobile Resmi Dioperasikan Polda Metro Jaya


JawaPos.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran resmi meluncurkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile. ETLE jenis ini cara kerjanya mirip dengan ETLE statis yang sudah terpasang di sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta. Hanya saja, ETLE mobile bisa berpindah-pindah lokasi.

“Saya meresmikan ETLE mobile Sebagai salah satu bentuk pelaksanaan dari pada kebijakan Bapak Kapolri menuju police 4.0 pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas kepolisian,” kata Fadil di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (20/3).

ETLE mobile ini terdiri dari beberapa jenis. Yakni bodycam, helmet cam, dashcam, dan drone surveillance. ETLE mobile yang telah dioperasikan oleh Polda Metro Jaya berjumlah 30 unit.

ETLE mobile ini akan melengkapi ETLE statis yang sudah beropasi lebih dulu. ETLE mobile ditempatkan di lokasi-lokasi rawan pelanggaran lalu lintas yang tidak tercover oleh ETLE statis.

“Misal sering terjadi kebut-kebutan di kawasan Kemayoran maka ETLE mobile ini akan merapat ke titik sasaran dan akan langsung merekam pelanggaran lalu lintas yang terjadi di sana,” imbuh Fadil.

Adapun mekanisme penegakkan hukum ETLE mobile sama dengan ETLE statis. Dengan dimasifkannya ETLE untuk penindakan pelanggaran lalu lintas, diharapkan bisa semakin membangun kesadaran masyarakat dalam berkendara.

“Sekaligus ini juga dapat mengontrol perilaku anggota di lapangan karena ETLE tidak hanya merekam perilaku pelanggaran lalu lintas, dia juga merekam perilaku anggota yang bertugas di lapangan,” pungkas Fadil.

ETLE mobile ini juga akan dimasifkan untuk pelanggaran lalu lintas yang sangat sering terjadi di Jakarta. Seperti balap liar, melawan arus, memotong jalan, tidak memakai helm, hingga berboncengan sepeda motor lebih dari 2 orang.


30 ETLE Mobile Resmi Dioperasikan Polda Metro Jaya