Hasil Rekomendasi Panja, PJP Diharapkan Bangun Pelajar Pancasila

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Hasil Rekomendasi Panja, PJP Diharapkan Bangun Pelajar Pancasila


JawaPos.com – Konsep Peta Jalan Pendidikan (PJP) 2020-2035 telah rampung dibahas oleh Panitia Kerja (Panja) PJP Komisi X DPR RI. Panja pun merekomendasikan pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membangun Pelajar Pancasila.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menuturkan, dalam konsep pembangunan yang direkomendasikan sudah terkandung pembangunan spiritual bagi para pelajar. Sebab, di konsep sebelumnya, kata Hetifah belum ada instrumen yang menyinggung hal tersebut.

“Sebenarnya dalam PJP tujuan kita adalah membangun karakteristik Pelajar Pancasila, yang salah satunya adalah beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia. Namun, memang setelah kami teliti lebih lanjut, belum ada turunan rencana yang jelas bagaimana mencapai karakter tersebut,” terang dia kepada wartawan, Minggu (14/3).

Baca Juga: Peta Jalan Pendidikan 2020-2035 Akan Tetap Masukkan Instrumen Agama

Hetifah melihat, strategi pembangunan bidang pendidikan masih sangat condong kepada hal-hal yang bersifat praktikal, seperti meningkatkan keterampilan dan memenuhi kebutuhan lapangan kerja. Hal itu penting, tapi perlu diimbangi dengan peningkatan nilai spiritual dan pembangunan karakter dengan porsi yang sama besarnya.

Sebagai konsep, hasil pembahasan PJP oleh Panja juga telah diserahkan kepada Mendikbud Nadiem Makarim. Ia meminta agar rekomendasi itu benar-benar dipahami yang nantinya diimplementasikan.

“Harus dipahami dahulu bahwa PJP ini masih berupa draf dan perjalanannya masih panjang sebelum disahkan. Kemendikbud masih perlu berdiskusi dengan berbagai macam organisasi terkait untuk menyempurnakannya,” ungkapnya.

Ia mengingatkan, PJP ini merupakan buah pikir atas berbagai rapat dengar pendapat umum yang dilakukan dengan berbagai kelompok masyarakat. Sekarang bola sudah di tangan Kemendikbud dan pihaknya akan terus memantau perkembangan PJP ini.

“Yang kami dorong adalah agar Kemendikbud lebih menggunakan pendekatan partisipatif dalam penyusunan ini, sehingga pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan pendidikan Indonesia, dapat dilibatkan lebih aktif,” pungkas dia.

Saksikan video menarik berikut ini:


Hasil Rekomendasi Panja, PJP Diharapkan Bangun Pelajar Pancasila