Mahasiswa UKDC Raih Emas Dalam Kompetisi Bussines Plan Internasional

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Mahasiswa UKDC Raih Emas Dalam Kompetisi Bussines Plan Internasional


JawaPos.com – Tim Mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) berhasil meraih juara pertama International Business Plan Competition 2021 yang diselenggarakan oleh Kaohsiung International Invention and Design Expo (KIDE), institusi resmi yang terafiliasi lembaga Indonesian Young Scientist Association (IYSA).

Sebagai salah satu pameran terbesar di Asia, KIDE adalah platform yang bagus bagi para penemu untuk memamerkan penelitian, menunjukkan ide, dan berbagi pandangan dengan peserta dari lebih dari 27 negara dan lebih dari 500 tim.

Kompetisi ini juga menjadi langkah awal para calon pengusaha muda untuk mendapatkan bimbingan dari investor maupun pengusaha yang berpengalaman. Tim UKDC yang terdiri atas Albertus Aprillio Handika Putra, Vincentia Ine Putriana, William Artha Wijaya, Aldo dan Rio Haryanto menjadi juara pertama dibawah bimbingan Ibu Lilik Indrawati, S.E.,M.M., melalui sebuah inovasi bernama IBuku.

“IBuku adalah aplikasi jual beli dan barter buku bekas untuk pelajar dan mahasiswa secara online. Sehingga para pelajar dan mahasiswa dapat membeli buku dengan harga terjangkau. Para pengguna juga dapat menjual buku mereka dengan harga yang mahal dibanding dengan menjual buku mereka di pasar jual-beli buku bekas,” ujar Albertus saat diwawancarai.

Latar belakang yang mendorong mereka untuk menemukan ide ini adalah karena selama ini banyak pelajar dan mahasiswa yang keberatan membeli buku baru dengan harga mahal.

“Kami melihat banyak pelajar dan mahasiswa yang merasa keberatan membeli buku baru dengan harga mahal. Banyak pula yang memilih untuk fotocopy buku, yang sebenarnya tindakan tersebut tidak baik karena merupakan tindakan pembajakan, dan salah satu solusinya adalah membeli buku bekas. Karena tidak ada platform yang memfasilitasi jual beli buku bekas dari orang ke orang, dan selama ini juga kita melihat bahwa buku yang dijual di pasar loak dengan harga yang sangat murah, maka kami memiliki ide untuk membuat aplikasi ini,” tutup Albert.

Dalam menjalankan proses kompetisi hingga menjadi juara, tantangan yang mereka hadapi adalah bagaimana menyampaikan ide dan inovasi yang belum pernah ada sebelumnya. Tim UKDC berhasil mendapatkan medali emas dalam kemenangannya dan menambah jajaran prestasi yang dimiliki oleh Universitas Katolik Darma Cendika.


Mahasiswa UKDC Raih Emas Dalam Kompetisi Bussines Plan Internasional