Momen Kebangkitan Nasional, Ini Cara Perempuan Indonesia Tetap Berdaya

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Momen Kebangkitan Nasional, Ini Cara Perempuan Indonesia Tetap Berdaya


JawaPos.com – Perempuan masa kini semakin berdaya dan menunjukkan kemampuannya untuk bisa sejajar dengan pria. Perempuan bukan lagi kelompok nomor dua setelah pria dan bisa meneladani semangat Kartini.

Dalam momen Kebangkitan Nasional, Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat dengan tema ‘Perempuan, Merajut Asa untuk Masa Depan Indonesia’ ikut mendorong keadilan gender. Khususnya mendorong peran perempuan dalam bidang pendidikan serta dapat memberikan gagasan-gagasan baru, terkait dengan peran perempuan dalam bidang sosial, politik, ekonomi, dan budaya.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Indonesia Nurtami menyebutkan, perempuan dapat melakukan terobosan dan inovasi, untuk pengembangan teknologi di Indonesia. Selain itu ia pun mengatakan bahwa partisipasi aktif perempuan dalam sains dan teknologi untuk melanjutkan teladan Kartini.

“Mari lanjutkan teladan Kartini untuk menuju Indonesia Bangkit,” katanya dalam webinar baru-baru ini.

Guru Besar bidang Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dan Pakar Ilmu Keperawatan Jiwa, Prof Budi Anna Keliat menegaskan Kembali bahwa kontribusi perempuan sebagai perawat dan Ibu menjadi optimal bertujuan untuk dapat mengurus kebutuhan keluarganya. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peran ganda perempuan sebagai Ibu dan Perawat di dalam keluarga.

Selain itu, kata dia, pilar utama kontribusi perempuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat dengan memenuhi praktik profesional, regulasi dan kesejahteraan sosial ekonomi di masyarakat. Serta aktivitas untuk mencapai kesejahteraan masyarakat pun saat ini tertuang pada gerakan garda terdepan terkait dengan pandemi Covid-19 dan juga bencana alam di Indonesia.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membangun kolaborasi antar elemen seperti akademisi, organisasi perempuan, pihak swasta, dan mereka yang memiliki kepedulian terhadap perempuan untuk mengupayakan kesetaraan dan kemanusiaan,” katanya.

Baca juga: Bukan Lagi Sebagai Pelengkap Rumah Tangga, Perempuan Indonesia Berdaya

Apalagi di era pandemi Covid-19, perempuan semakin menghadapi masalah yang kompleks. Di era pandemi, sejumlah masalah dihadapi perempuan, salah satunya karena faktor ekonomi yang menurun selama pandemi. Karena itu, perempuan diajak untuk tetap semangat dan bangkit apalagi saat momen Kebangkitan Nasional saat ini.


Momen Kebangkitan Nasional, Ini Cara Perempuan Indonesia Tetap Berdaya