Bantu UMKM di Indonesia Timur, 10 Food Truck Raffi Meluncur ke Kendari

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Bantu UMKM di Indonesia Timur, 10 Food Truck Raffi Meluncur ke Kendari


JawaPos.com – Program membangkitkan usaha mikro kecil terus dilakukan di tengah Pandemi Covid-19. Tak hanyak dari kalangan pemerintah, tapi juga dari perusahaan swasta. Salah satunya dari Kreasi Boga (SKB) Food.

Perusahaan pemilik merk kebab Baba Raffi itu merilis 10 food truck kekinian di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (21/6). Jumlah itu merupakan yang terbanyak yang pernah dirilis di Indonesia timur sejauh ini. Setelah sebelumnya juga dikirim di Madiun, Jawa Timur.

Peluncuran 10 unit food truck dengan brand Raffi Express itu dihadiri langsung oleh Wali Kota Kendari H. Sulkarnain, Ketua DPRD Kendari H. Subhan dan CEO SKB Food Eko Pujianto. Jajaran Pemkot Kendari dan perwakilan masyarakat yang tergabung dalam Kendari Prenuer juga ikut menyaksikan peresmian food truck di Tambat Labuh Kota Kendari itu.

“Terimakasih untuk sambutan masyarakat Kendari yang sangat luar biasa,” kata Eko dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Eko menjelaskan 10 food truck kekinian itu dikelola oleh sumber daya lokal. Total ada 40 orang warga setempat yang direkrut sebagai pengelola. Karena sebelum (food truck) diresmikan, kami dari Jakarta lebih dulu memberikan pelatihan kepada calon pengelola, sehingga ada transfer pengetahuan dalam pengelolaan food truck ini.

Selain membuka lapangan pekerjaan baru untuk warga setempat, Eko menyebut kehadiran food truck Raffi Express di Kendari juga sebagai upaya pemerataan ekonomi di Indonesia timur. Termasuk mengakomodir produk-produk UMKM lokal agar memiliki daya saing.

“Produk-produk itu akan dikurasi lebih dulu sebelum dipasarkan di Raffi Express,” papar pria kelahiran Ponorogo, Jawa Timur itu.

Lebih lanjut, Eko berharap hadirnya food truck Raffi Express dapat membangkitkan optimisme UMKM lokal. Khususnya UMKM kuliner atau resto. Karena itu, inovasi bagi kalangan usaha kecil menengah itu harus terus dilakukan untuk menyesuaikan perkembangan zaman.

“Di era sekarang, nampaknya kerja keras saja nggak cukup. Perlu kerja cerdas dan kerja kreatif. Untuk itulah food truck kekinian Raffi Express ini hadir,” ujarnya.

Baca Juga: Tak Terima Candaan Yasonna Soal AHY, Santoso Demokrat Ngomong Begini

Sementara iru, Ketua Kendari Preneur Syarif Maulana mengatakan food truck itu nantinya disebar di 10 titik di Kota Kendari. Antara lain di kawasan tugu eks MTQ yang merupakan salah satu pusat keramaian di kota Kendari.

“Nanti juga ada yang keliling, dan ini inovasi bagi UMKM di Kendari,” katanya.

Wali kota Kendari H. Sulkarnain mengapresiasi kehadiran food truck Raffi Express. Dia berharap masyarakat Kendari semakin terlecut untuk mengembangkan UMKM di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Kerjasama semacam ini sangat baik untuk membangkitkan UMKM,” tuturnya.


Bantu UMKM di Indonesia Timur, 10 Food Truck Raffi Meluncur ke Kendari