Disinformasi Pemilik Klub Bola Tiongkok yang Ikut Jadi Pemain

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Disinformasi Pemilik Klub Bola Tiongkok yang Ikut Jadi Pemain


ENTAH apa maksudnya netizen Indonesia ”mengimpor” hoax tentang sepak bola dari Tiongkok ini. Mungkin sekadar olok-olok atau bisa juga agar kejadian yang sama tidak menimpa dunia persepakbolaan tanah air.

Disebutkan bahwa seorang miliarder Tiongkok nekat membeli sebuah klub bola agar anaknya bisa ikut bermain. Bahkan, sang miliarder itu dikabarkan telah membuat instruksi agar anaknya selalu mendapat jatah untuk mengeksekusi tendangan pojok maupun tendangan bebas. Kabar tersebut juga dilengkapi video pertandingan sepak bola.

”Sebuah pemilik klub yang juga merupakan miliarder di China, He Shihua telah menyuruh pelatihnya untuk menurunkan anaknya untuk bermain di Liga 2 China. Hal lainnya, ia meminta pelatih tersebut agar setiap sepak pojok dan tendangan bebas untuk dieksekusi oleh anaknya yang saat itu mengenakan nomor punggung 7,” begitu kabar yang dibagikan akun Facebook Sepakbola Indonesia Fansbook (bit.ly/NomorTujuh.)

Akun Facebook AC Milan News Indonesia mengunggah informasi serupa dengan gambar pria berbaju biru mengeksekusi tendangan pojok. Disebutkan bahwa pria dengan berat 126 kg itu adalah anak He Shihua yang membela klub Zibo Cuju dalam sebuah pertandingan resmi (bit.ly/NomorPunggung10).

Fakta sebenarnya tentang kabar itu pernah diulas portal berita South China Morning Post (SCMP) pada 21 Mei 2021. Pria gendut yang hendak melakukan tendangan sudut itu bukan miliarder Tiongkok He Shihua. Melainkan investor klub Jilin Baijia bernama Xu Guangnan. Dia ikut bermain dalam pertandingan Liga 2 China pada September 2019. Xu masuk pada babak kedua melawan klub Xian Daxing Chongde pada hari terakhir Liga 2 setelah tim tersebut dipastikan terdegradasi dan akhirnya bubar.

Ulasan itu juga mengutip informasi dari akun Twitter @titan_plus tentang penyebab sang investor terpaksa ikut merumput. Disebutkan bahwa saat itu beberapa pemainnya melayangkan protes lantaran manajemen menunggak pembayaran gaji.

Kemudian, SCMP juga menautkan akun Twitter @titan_plus yang menyebut siapa sebenarnya He Shihua. Dia merupakan pemegang saham utama klub Zibo Cuju. Pria berusia 35 tahun itu juga pernah ikut bermain dengan nomor punggung 10 saat injury time melawan klub Sichuan Jiuniu. Jadi, Xu Guangnan dan He Shihua adalah orang yang berbeda. Mereka juga tidak memiliki hubungan anak dan bapak. Anda bisa melihatnya di bit.ly/OrangYangBerbeda.

Baca Juga: Kakak Dihukum Seumur Hidup, Adik Divonis 18 Tahun

FAKTA

Pria dalam video yang sedang bermain sepak bola itu bukan miliarder Tiongkok He Shihua. Dia adalah Xu Guangnan, pemegang saham klub Jilin Baijia. Kala itu dia terpakasa merumput lantaran beberapa pemainnya mengajukan protes akibat gaji mereka belum dibayar.


Disinformasi Pemilik Klub Bola Tiongkok yang Ikut Jadi Pemain