Wali Kota Gibran Sebut Muncul Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Solo

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Wali Kota Gibran Sebut Muncul Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Solo


JawaPos.com–Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyatakan, saat ini, muncul klaster baru penyebaran Covid-19 di daerahnya. Yakni di salah satu pondok pesantren di Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan.

Gibran Rakabuming Raka seperti dilansir dari Antara di Solo mengatakan, ada sebanyak 38 santri di pondok pesantren tersebut yang positif terpapar Covid-19. Saat ini, seluruh santri itu telah dibawa ke Asrama Haji Donohudan untuk menjalani karantina terpusat.

Untuk memastikan penyebarannya, menurut wali kota, saat ini pihaknya masih melakukan penelusuran. ”Kami tracing, testing dulu lebih lanjut. Pokoknya ada klaster baru, langsung kami kunci. Ponpes sementara di-lockdown, semoga tidak menyebar lebih luas,” kata Gibran.

Dugaan sementara, klaster tersebut berasal dari salah satu santri yang sebelumnya melakukan perjalanan mudik pada Lebaran 2021.

Akibat munculnya klaster baru tersebut, wali kota akan mengkaji ulang rencana pembelajaran tatap muka (PTM) yang awalnya akan dilakukan mulai Juli. Meski demikian, dia berharap agar PTM bisa tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Surakarta Ahyani mengatakan, saat ini, seluruh santri berstatus orang tanpa gejala (OTG). Mereka saat ini menjalani isolasi. Mengenai asal virus tersebut, dia akan memastikannya terlebih dahulu.

”Sepertinya memang dari santri yang habis melakukan perjalanan mudik,” terang Ahyani.

Dia menambahkan, untuk penelusuran kontak, saat ini sudah dilakukan kepada 68 orang. Dia juga memastikan tidak ada penghuni pondok yang berinteraksi dengan orang luar.

”Dengan demikian tracing bisa lebih terkontrol,” tutur Ahyani.


Wali Kota Gibran Sebut Muncul Klaster Baru Penyebaran Covid-19 di Solo