Lahir Beberapa Keputusan Kontroversial, Lakukan Penyegaran Wasit

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Lahir Beberapa Keputusan Kontroversial, Lakukan Penyegaran Wasit


JawaPos.com – Salah satu evaluasi penting di awal penyelenggaraan Liga 1 musim 2021–2022 adalah kepemimpinan wasit. Dari tiga pertandingan pertama, beberapa keputusan kontroversial terjadi. Karena itu, penyegaran dilakukan.

Kegiatan penyegaran perangkat pertandingan Liga 1 dilakukan pada 30 Agustus hingga 1 September 2021. Penyegaran tersebut berlangsung di dua tempat. Yakni, Hotel Novotel Bogor dan Stadion Pakansari, Cibinong.

Penyegaran perangkat pertandingan diikuti 81 orang. Terdiri atas 39 wasit dan 42 asisten wasit. Tidak hadir lima orang wasit. Di antaranya, Thoriq M. Alkatiri dan Nurhadi karena sedang menjalani karantina setelah tugas AFC Cup di Maladewa.

Sekjen PSSI Yunus Nusi menuturkan, tidak memimpin pertandingan selama satu setengah tahun membuat para wasit agak kaku dan kurang cermat dalam mengambil keputusan.

Karena itu, pihaknya memaklumi ada beberapa kesalahan wasit dalam mengambil keputusan.

”Tetapi, apabila sudah dilakukan dan melakukan kesalahan berkali-kali, kami juga tidak akan memaklumi hal itu lagi,” katanya kemarin.

Mantan ketua Asprov PSSI Kalimantan Timur itu menyatakan, kepemimpinan wasit di kompetisi masa pandemi berbeda dengan musim-musim sebelumnya. Yakni, nantinya hampir setiap hari ada pengarahan-pengarahan sebelum laga selain keharusan tes kesehatan.

”Kami yakin dengan adanya kegiatan ini, kawan-kawan perangkat pertandingan sudah lebih siap dalam memimpin pertandingan, keseimbangan federasi juga dipengaruhi oleh kinerja kawan-kawan. Mari kita jaga secara bersama-sama,” tegasnya.

Dia berharap, para wasit sama-sama bisa meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia dengan keputusan yang berimbang dan sesuai dalam regulasi.

”Jaga kesehatan dan salam sehat. Bagi yang di Jakarta juga harus tetap menjaga prokesnya dengan ketat,” katanya.


Lahir Beberapa Keputusan Kontroversial, Lakukan Penyegaran Wasit