Polda Jatim Siapkan Sistem Ganjil-Genap di Tempat Wisata

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Polda Jatim Siapkan Sistem Ganjil-Genap di Tempat Wisata


JawaPos.com–Tempat wisata di wilayah pemetaan Covid-19 level 2 kini boleh dibuka dengan ketentuan penerapan ganjil-genap. Wacana penerapan tersebut pun disiapkan Polda Jatim.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Gatot Repli Handoko mengakui, pihaknya sedang menyiapkan mekanisme penerapan ganjil-genap. Aturan ganjil-genap akan diterapkan bagi kendaraan bermotor yang masuk ke sejumlah tempat wisata di Jawa Timur.

’’Jatim rencananya menerapkan ganjil-genap di tempat wisata. Kita akan koordinasikan lagi dengan stakeholder, Pemprov Jatim, dan kabupaten/kota setempat,’’ jelas Gatot, Kamis (16/9).

Gatot menyatakan, belum tahu tempat mana saja yang menerapkan ganjil-genap. ’’Masih akan kami kaji,’’ ujar Gatot.

Wacana itu dilakukan untuk mencegah kerumunan. Dengan pembatasan berdasar pelat nomor ganjil-genap, pihaknya yakin kerumunan tidak akan terjadi.

Hanya saja, dia menambahkan, tidak semua tempat wisata bisa menerapkan sistem ganjil-genap. Pihaknya akan mengkaji dan memilih tempat. ’’Kelihatannya tempat tertentu, yang banyak dikunjungi masyarakat ini diterapkan. Itu untuk mengurangi kerumunan,’’ tutur Gatot.

Malang Raya akan menjadi tempat pertama yang menerapkan sistem ganjil-genap. Kemudian disusul Banyuwangi.

Pemilihan Malang Raya dan Banyuwangi karena jumlah tempat wisata yang cukup banyak. Artinya, pengunjung juga banyak yang antusias.

Sebelumnya pada Selasa (14/9), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, tempat wisata di area Covid-19 level 2 dan 3 sudah boleh buka. Salah satu aturannya adalah dengan ketentuan penerapan ganil-genap.

’’Penerapan ganjil-genap akan diberlakukan di daerah-daerah tempat wisata mulai Jumat jam 12 siang sampai Minggu pukul 18.00. tujuannnya mengurangi jumlah kendaraan yang datang ke sana,’’ kata Luhut.


Polda Jatim Siapkan Sistem Ganjil-Genap di Tempat Wisata