Banjir Hanyutkan Kendaraan di Bekasi, Disebut-sebut di DKI Jakarta

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Banjir Hanyutkan Kendaraan di Bekasi, Disebut-sebut di DKI Jakarta


BANJIR di DKI Jakarta hampir tak pernah luput dari incaran kabar palsu. Misalnya, informasi yang diunggah akun Facebook Patrik Galampo di grup BUZZER NKRI SOLID. Katanya, genangan air Jakarta juga dapat menghanyutkan kendaraan.

”Genangan air di Jkrt trnyata bisa hanyutkan mobil. Jangan ada yg bilang ini banjir ya, soalx Jkrt tahun ini bebas banjir. Yg ada adalah genangan air.” Begitu keterangan dalam video yang diunggah pada Rabu (10/11).

Video berdurasi 58 detik itu memperlihatkan belasan mobil terendam dan beberapa mobil hanyut terguling disapu banjir. Di akhir video, saat genangan air surut, tampak kondisi porak-poranda. Tak sedikit kendaraan yang remuk akibat benturan. (bit.ly/HanyutkanMobilJakarta).

Dilihat sekilas, narasi yang ditulis akun itu tak masuk akal. Sebab, dia menuliskan Jkrt yang berarti Jakarta. Padahal, keterangan dalam video tersebut menyebut Pondok Gede Permai masuk Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Beberapa daerah di DKI Jakarta memang tergenang pekan lalu. Namun, video banjir yang sampai menghanyutkan belasan kendaraan itu tak terjadi di DKI Jakarta.

Dari penelusuran, beberapa kanal YouTube mengunggah video serupa pada 2020. Salah satunya, kanal YouTube SripokuTV pada Januari 2020. Judulnya berbunyi, Ngeri! Video Banjir di Pondok Gede Permai Bekasi, Mirip Lautan, Kendaraan Hanyut, Warga Terjebak. Bekasi memang dekat Jakarta, tetapi masuk Provinsi Jawa Barat. Anda dapat melihatnya di bit.ly/BanjirBekasi2020.

Jawapos.com juga memberitakan kejadian pascabanjir hebat itu. Kondisi setelahnya, sejumlah kendaraan yang terseret arus tertumpuk di dekat akses masuk kompleks Perumahan Pondok Gede Permai, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Saat itu belum banyak warga Pondok Gede Permai yang kembali ke rumah. Bahkan, mereka belum bisa membersihkan rumah masing-masing karena air bersih tak tersedia. Ditambah lagi, PLN sempat memadamkan listrik untuk menghindari risiko terjadinya arus pendek.

FAKTA

Video banjir yang menyeret belasan mobil itu terjadi di Bekasi, Jawa Barat, pada Januari 2020.


Banjir Hanyutkan Kendaraan di Bekasi, Disebut-sebut di DKI Jakarta