Bupati Intan Jaya Kirim Kurir ke KKB untuk Atasi Gangguan Keamanan

Jika anda butuh jasa pembuatan blog silahkan hubungi www.oblo.co.id

Bupati Intan Jaya Kirim Kurir ke KKB untuk Atasi Gangguan Keamanan


JawaPos.com–Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni mengatakan akan mengirim kurir untuk bertemu dengan kelompok bersenjata. Hal itu untuk mengatasi gangguan keamanan di wilayahnya.

Menurut dia, hal itu sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah keamanan yang terjadi saat ini agar kembali kondusif. Sehingga warga dapat beraktivitas dengan normal.

Selain itu, pihaknya juga sudah menurunkan tim untuk mendata warga yang mengungsi untuk mengetahui secara pasti jumlahnya. ”Sebagian besar warga di sejumlah kampung di Distrik Sugapa mengungsi sejak terjadinya kontak tembak antara kelompok bersenjata dengan aparat keamanan,” kata Bupati Tabuni seperti dilansir dari Antara.

Bupati Tabuni mengaku, warganya masih ketakutan, termasuk ASN sehingga memilih mengungsi dan mengamankan diri beserta sanak keluarga. Ada enam lokasi yang menjadi tempat penampungan warga yang mengungsi. Yakni di gereja, polsek, dan koramil.

Sementara itu, Dandim 1705 Nabire Letkol Inf Anjuanda Pardosi menyatakan, warga yang saat ini berada di pengungsian di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, mulai mengalami kesulitan logistik. Terbatasnya logistik karena pesawat yang biasa mengangkut berbagai kebutuhan masyarakat sudah beberapa hari tidak melayani penerbangan ke Sugapa akibat maraknya gangguan yang dilakukan kelompok sipil bersenjata (KSB).

”Warga juga belum berani ke kebun hingga mereka mengungsi ke sejumlah lokasi,” kata Dandim Nabire Letkol Inf Anjuanda Pardosi.

Menurut dandim, saat ini, sekitar 5.000 orang warga mengungsi di dua gereja Katolik, GKII, polsek, koramil, dan puskesmas. Rata-rata warga mengungsi atau mengamankan diri pada malam hari sedangkan siang hari mereka kembali ke rumah masing-masing.

Ketika ditanya tentang operasional bandara, Dandim 1705 yang membawahi Intan Jaya mengaku, untuk penerbangan reguler belum ada yang beroperasi walaupun Kapolres Intan Jaya sudah memberikan jaminan keamanan untuk penerbangan. ”Saat ini penerbangan ke Sugapa baru dilayani pesawat carteran,” kata Letkol Inf Pardosi.


Bupati Intan Jaya Kirim Kurir ke KKB untuk Atasi Gangguan Keamanan